sign up SIGN UP search


moms-life

7 Ramuan Alami untuk Merawat Vagina agar Harum, Berhubungan Seks Lebih Nyaman

Arina Yulistara   |   Haibunda Rabu, 08 Jun 2022 23:10 WIB
ilustrasi vagina caption

Pernah merasa tidak percaya diri sebelum bercinta karena khawatir vagina memiliki bau tak sedap? Hal ini bisa menurunkan gairah seks Bunda dan suami jika vagina memiliki aroma tak sedap saat akan bercinta.

Untuk itu, Bunda disarankan merawat vagina dengan baik agar selalu bersih dan wangi. Tidak harus menggunakan sabun khusus kok, Bunda, karena pada dasarnya vagina bisa membersihkan diri sendiri.

Mengutip dari Healthline, vagina yang sehat seharusnya tidak berbau apa pun. “Vagina tidak seharusnya berbau, tidak peduli budaya kita seperti apa," ujar Searah Deysach seorang pendidik seks.


Jika ingin tetap merawat vagina agar selalu wangi dan tidak berbau maka disarankan menggunakan ramuan alami saja, Bunda. Hindari juga perawatan dengan sabun atau apapun yang mengandung bahan kimia, ya.

Banner Bumil dan Janin Lapar

Ramuan alami untuk rawat vagina juga bisa menjauhi Bunda dari gatal atau kemerahan sekitar vagina karena material pakaian atau hal lainnya. Apa saja yang bisa dimanfaatkan? Simak penjelasan berikut.

1. Air hangat

Sebelum mencoba bahan-bahan alami untuk rawat vagina maka bisa menggunakan air hangat setiap hari, terutama sebelum bercinta. Cukup ambil waslap hangat kemudian bersihkan area vagina dan bibir bagian luar miss V.

Bunda juga bisa melakukannya saat pergi mandi. Hindari menggosoknya terlalu keras karena kulit vagina sangat sensitif. Menggosok vagina bisa menyebabkan luka halus pada kulitnya yang bisa berakibat infeksi, Bunda.

“Hanya menggunakan jari untuk mengusap sekitar vulva pakai air hangat sudah cukup. Area tersebut (vagina) dapat menumpuk keringat, kulit mati, dan kotoran,” ujar Felice Gersh, MD, penulis ‘PCOS SOS: A Gynecologist's Lifeline To Naturally Restore Your Rhythms, Hormones, and Happiness’.

2. Minyak kelapa

Dilansir dari Health Shots, Dr. Gandhali Deorukhkar Pillai, yang merupakan konsultan ginekolog kebidanan di Rumah Sakit Wockhardt, Mumbai, mengatakan bahwa minyak kelapa bisa menjadi ramuan alami untuk rawat vagina. Oleskan minyak kelapa di area luar vagina hingga bagian selangkangan. 

Minyak kelapa bisa membantu mengatasi masalah seperti gatal atau kemerahan pada bagian intim Bunda. Hindari menerapkan minyak kelapa ke bagian dalam vagina. 

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel bisa menjadi salah satu ramuan alami untuk rawat vagina. Bunda bisa mengonsumsi cuka sari apel untuk menjaga vagina tetap sehat dan bersih.

Mengapa perlu mengonsumsi cuka sari apel? Guna cuka sari apel sebagai ramuan alami untuk rawat vagina adalah bisa membantu menjaga keseimbangan pH vagina. Ini bisa membantu mempertahankan tingkat pH (keasaman) pada vagina Bunda hingga menghilangkan bau tak sedap akibat keputihan. 

Teruskan baca halaman selanjutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga tips cegah bau pada vagina berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



DAUN LEMON HINGGA YOGURT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!