sign up SIGN UP search


moms-life

5 Penyebab Gairah Seks Bunda Menurun hingga Susah Orgasme Pasca Melahirkan

Asri Ediyati   |   Haibunda Minggu, 12 Jun 2022 22:00 WIB
Sad and thoughtful couple after arguing lying in the bed caption
Jakarta -

Seks dapat dikatakan sebagai salah satu aktivitas yang memperkuat hubungan suami istri agar terus harmonis. Namun kenyataannya, banyak para istri yang tak nyaman dan bergairah untuk melakukan hubungan intim setelah mereka melahirkan.

Apa Bunda juga merasakan tidak bergairah melakukan hubungan seks usai melahirkan? Seorang sex coach bernama Amy Levine yang berbasis di New York City mengatakan seks setelah melahirkan itu penting.

"Jika pasangan suami istri tidak memiliki keintiman secara fisik, maka pasangan bisa saja mulai merasa seperti teman sekamar, yang jarang merupakan hal yang baik. Merasa tidak nyambung dan dapat menyebabkan kebencian," ujarnya, dikutip dari Parents.


Lalu, apa sih penyebab gairah menurun hingga susah orgasme pasca melahirkan? Lima penyebab ini mungkin jadi biang keroknya:

Banner Risiko Hamil di Usia 35 TahunFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

1. Perineum robek saat melahirkan

Perineum robek merupakan hal yang umum terjadi jika Bunda menjalani persalinan pervaginam. Perineum yang robek membutuhkan beberapa jahitan dan penyembuhan pasca melahirkan.

Ini lah yang membuat Bunda ragu untuk bisa melakukan seks lagi dengan suami. Mengutip Romper, perineum yang robek juga menyebabkan susah orgasme karena koneksi saraf belum sepenuhnya pulih.

2. Kelelahan, stres

Dilansir BabyCenter, penurunan gairah seks berbulan-bulan setelah persalinan sangat normal dan ada banyak alasan mengapa, Bunda. Kelelahan karena menenangkan bayi yang kolik atau stres dapat membuat Bunda kehilangan mood. Alhasil, libido pun menurun.

3. Meregangnya otot dasar panggul

Tahukah Bunda, dasar panggul memainkan peran penting dalam fungsi seksual? Ya, karena jika dasar panggul berkontraksi saat berhubungan seks dan orgasme, maka bisa menciptakan sensasi yang menyenangkan.

Nah, dasar panggul ini meregang saat melahirkan, untuk itu perlu waktu untuk mengembalikannya menjadi normal.

Apa penyebab lainnya? Baca di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video tentang tips mencukur bulu kemaluan agar lebih PD saat berhubungan seks:

[Gambas:Video Haibunda]

PENYEBAB GAIRAH SEKS MENURUN PASCA MELAHIRKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!