sign up SIGN UP search


moms-life

Pria RI Pikat Wanita China Mualaf, Berawal Salah Paham Kini Sukses Buka Resto di Tangsel

ANNISAAFANI   |   Haibunda Minggu, 12 Jun 2022 09:30 WIB
MUALAF DAN MENIKAH
Ilustrasi nikah siri caption

Fatimah memutuskan untuk menjadi mualaf pada tahun 2017, Bunda. Proses tersebut berlangsung beberapa saat sebelum ia dan Yuda resmi menjadi pasangan suami istri.

"2017, sebelum menikah," tuturnya.

Fatimah juga menceritakan alasan dirinya mau memeluk agama Islam. Katanya, ia bisa melihat kebaikan Islam dari perilaku Yuda yang terpuji.


"Dia melihat saya baik, jadi dia menilai Islam mengajarkan kebaikan," kata Yuda menerjemahkan ucapan sang istri.

Bagaimana tidak, selama di Jerman dahulu, Fatimah dapat merasakan kepedulian Yuda pada dirinya. Ketika sendirian tanpa teman dan keluarga, hanya Yuda yang selalu menolong dan menemani dirinya.

"Saat di Jerman saya sendiri tidak ada family. Teman tidak ada, belajar bersama tidak ada (yang mau). Hanya Yuda yang baik, mau membantu. DiajariĀ agar tak di-DO dari kampus," kenangnya.

Orang tua Fatimah awalnya juga meragu, Bunda. Ini karena mereka belum mengenal seperti apa Islam sebenarnya. Belum lagi, Fatimah yang sudah jauh dari China, sudah diperkirakan akan semakin sulit dijangkau jika menikah dengan pria asal Indonesia.

"Dulu mama sama papa belum tahu kultur muslim, 'Takut nanti anak saya kenapa-kenapa. Sekarang di Jerman, susah (ketemu), nanti Indonesia lagi'," katanya.

"Sekarang Mama tinggal bersama kami, tiga tahun bersama tak melihat ada yang beda (ke arah yang buruk), lebih bagus karena saya ada agama," sambungnya.

Pernikahan Yuda dan Fatimah sendiri berlangsung di Indonesia. Proses lamarannya dilakukan dengan adat Indonesia, lho. Yuda membawa beberapa anggota keluarganya untuk menemui orang tua Fatimah di China.

"(Melamar) dengan adat Indonesia. Pakai translater, cari mahasiswa Indonesia yang kuliah di Harbin, 'Minta tolong dong, jadi translater'."

Simak kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

BANGUN BISNIS RESTORAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!