sign up SIGN UP search


moms-life

Tetap Waspada Bun, Gelombang COVID-19 Terbaru Diprediksi Memuncak Bulan Juli

ANNISAAFANI   |   Haibunda Kamis, 16 Jun 2022 20:40 WIB
coronavirus COVID-19 virus patient having fever, epidemic, doctor and nurse in uniform working medicine care at hospital to protection prevention and vaccination quarantine technology caption
Jakarta -

Kasus COVID-19 di Tanah Air sedang meningkat, Bunda. Pada Rabu (15/6/2022) kemarin, Indonesia mencatat sebanyak 1.242 kasus baru.

Angka tersebut menjadi kasus harian tertinggi sejak kasus harian turun hingga di bawah 1.000 pada April lalu. Lantas, akan secepat apa lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia pada gelombang kali ini?

Menanggapi pertanyaan tersebut, epidemilog dari Universitas Griffith Australia angkat suara. Katanya, angkanya bisa berkembang hingga dua kali lipat.


"Angka reproduksi (BA.4 dan BA.5) pun (dibandingkan) BA.2 dia bisa dua kali lipat," beber Dicky Budiman, dikutip dari detikcom pada Kamis (16/6/2022).

"Bahkan peningkatan kasus dalam seminggu bisa sampai 25 persen pada kelompok yang sangat rawan, termasuk populasi yang abai dalam pencegahan dari sisi public health," sambungnya.

Banner Buah yang Bagus untuk JaninBanner Buah yang Bagus untuk Janin/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Menurutnya, potensi lonjakan kasus imbas subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 memang besar. Bahkan menurut Dicky, bisa mencapai puluhan ribu kasus.

Namun kemungkinan baiknya, fasilitas kesehatan tidak akan begitu terbebani pada gelombang kali ini layaknya gelombang varian Delta tahun lalu. Pasalnya, masyarakat Indonesia sudah lebih memiliki imunitas terhadap virus Corona. Baik yang diperoleh dari vaksin COVID-19 maupun infeksi alamiah.

"Gelombang itu sulit dihindari. Namun kalau saya melihat, agak tidak terlalu cepat gelombang itu terjadi. Mungkin Agustus atau akhir Agustus, paling cepat akhir Juli kalau dalam perhitungan saya," pungkas Dicky.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

Simak juga 6 pertolongan pertama atasi demam anak pasca vaksin dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!