sign up SIGN UP search


moms-life

3 Ragam Tanaman Hias Mirip Daun Pisang yang Bisa Dijadikan Dekorasi Rumah

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 09 Aug 2022 03:00 WIB
Ilustrasi tanaman hias caption
Jakarta -

Dari masa ke masa, tanaman hias menjadi pilihan paling tepat untuk mendekorasi rumah. Selain mampu menambah keindahan, tanaman hias juga memberikan suasana yang tenang.

Jangan lupa juga mengenai kualitas udara yang jadi lebih baik. Udara di dalam ruangan akan jauh lebih sejuk dengan adanya tanaman hias. Terutama tanaman hias hijau.

Uniknya, ada juga nih Bun tanaman hias mirip daun pisang yang bisa menjadi pilihan tanaman hias. Berikut beberapa rekomendasi tanaman hias dengan jenis tersebut, disimak yuk, Bun!


Banner Perjuangan Hamil Anisa RahmaFoto: HaiBunda/ Annisa Shofia

3 Tanaman hias mirip daun pisang yang memesona

Tanaman hias sangatlah beragam dan semuanya memiliki keunggulan masing-masing, seperti halnya tanaman hias yang menyerupai daun pisang. Dengan menempatkan tanaman hias ini di pot bunga dan meletakkannya di ruangan rumah, Bunda bisa mendapatkan banyak manfaat.

Berikut ini terdapat beberapa pilihan jenis tanaman hias yang mirip daun pisang:

1. Calathea lutea

Jenis pertama ialah Calathea lutea. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan, seperti Brasil, Meksiko, dan Peru. Nama lain dari tanaman ini ialah Cuban Cigar atau sering juga disebut Pampano.

Daunnya berbentuk oval dan lebar dengan tangkai yang panjang layaknya daun pisang. Terdapat guratan yang membuat daun tampak kokoh dan memiliki warna keperakan yang menawan di bagian bawah.

Keunikan dari tanaman ini ialah kemampuannya mengubah bentuk daun di pagi dan sore hari. Pada pagi hari daunnya akan cenderung datar dan rata. Sedangkan pada sore hingga malam hari daunnya akan tampak menyusut layaknya terlipat menjadi dua.

2. Blood banana

Blood Banana ialah tanaman hias yang bernama ilmiah Musa sebrania. Tanaman ini adalah tanaman khas Indonesia. Ciri khas tanaman ini ialah bercak merah gelap dan tersebar di seluruh bagian daunnya.

Bentuk daunnya oval lebar dan memanjang dengan batang berwarna merah. Tingginya bisa mencapai dua meter. Warna bercak merah yang ada di daun tanaman ini akan tampak lebih cerah apabila terkena cahaya matahari.

3. Heliconia psittacorum

Berbeda dengan tanaman hias menyerupai daun pisang yang sebelumnya, Heliconia psittacorum memiliki bunga. Tanaman ini berasal dari Amerika Serikat dan Karibia.

Selain untuk dekorasi di rumah, tanaman hias ini juga cocok untuk ditanam di taman-taman kota. Ciri khasnya ialah daun berwarna hijau gelap dengan bunga berwarna jingga kekuningan dan merah yang menyerupai paruh burung.

Kelebihan tanaman hias menyerupai daun pisang

Selain memiliki bentuk yang unik, tanaman hias mirip daun pisang memiliki banyak kelebihan. Perawatannya yang mudah ialah kelebihan pertamanya lho, Bun. Bunda hanya perlu memberinya pupuk setiap minggu sebagai penambah nutrisi dalam jumlah besar. Dengan begitu tanaman hias ini akan tumbuh dengan sangat baik. Jangan lupa untuk menyiramnya juga ya, Bun agar terasa lembap dan segar.

Kelebihan lain dari tanaman jenis ini ialah kemampuannya menyerap beragam polutan. Di mana tanaman ini berada maka sudah pasti udaranya akan jauh lebih sejuk dan menyegarkan.

Jadi, apa yang masih Bunda ragukan? Pilihlah salah satunya dan bisa nih dijadikan bagian dari dekorasi rumah Bunda. (PK)

Simak juga video berikut mengenai tanaman yang bisa mengusir ular dan tikus.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!