sign up SIGN UP search


moms-life

5 Artis Dunia dengan IQ Tinggi, Ada Emma Watson

ANNISAAFANI   |   Haibunda Jumat, 29 Jul 2022 11:54 WIB
British actress Emma Watson poses for a picture as she attends the first ever Earthshot Prize Awards Ceremony at Alexandra Palace in London on Sunday Oct. 17, 2021. Created by Prince William and The Royal Foundation, The Earthshot Prize has led an unprecedented global search for the most inspiring and innovative solutions to the greatest environmental challenges facing the planet. (AP Photo/Alberto Pezzali, pool) caption
Jakarta -

IQ merupakan singkatan dari Intelligence Quotient, Bunda. Ini menjadi standar untuk mengukur mengukur kemampuan potensi intelektual sehingga dapat mencerminkan keterampilan kognitif seperti penalaran, logika, dan pemecahan masalah milik seseorang.

Untuk mengetahui skor IQ seseorang, diperlukan tes standar yang telah ditetapkan. Mengutip dari Healthline, skor IQ 116 atau lebih dianggap di atas rata-rata. Sedangkan 130 atau lebih tinggi, ini menandakan IQ tinggi.

Perlu untuk Bunda ketahui, tes IQ biasanya akan mengalami perubahan signifikan selama beberapa waktu, seiring dengan bias ras, gender, sosial, serta norma budaya yang dijalani oleh seseorang. Saat ini, ada beberapa versi dengan metode penilaian yang berbeda yang digunakan.


IQ tinggi

Secara teoritis, tidak ada batas atas skor IQ, Bunda. Dengan fakta bahwa skor IQ dapat berubah dalam beberapa waktu, membuat semakin sulit menentukan pemilik skor tertinggi untuk membandingkan dari skor di era yang berbeda.

Misalnya saja pada seorang matematikawan bernama Terence Tao yang dikatakan memiliki IQ 220 atau 230. Ia memulai sekolah menengah pada tahun 1980-an di usia 7 tahun, memperoleh gelar sarjana pada usia 16 tahun, dan gelar doktor pada usia 21 tahun.

Sedangkan di tahun 2017, India Times melaporkan bahwa seorang gadis berusia 11 tahun yang tinggal di Inggris mencapai skor 162 pada tes IQ Mensa. Publikasi itu juga mencatat bahwa Albert Einstein dan Steven Hawking sama-sama dianggap memiliki IQ 160.

Klasifikasi skor IQ

Berikut rincian skor IQ yang HaiBunda rangkum dari Verywell Mind:

  • 85-114: Kecerdasan rata-rata.
  • 115-129: Di atas rata-rata.
  • 130-144: Cukup berbakat.
  • 145-159: Sangat berbakat.
  • 160-179: Sangat berbakat.
  • 180 ke atas: Sangat berbakat.

Perubahan skor IQ

Ada beberapa faktor yang dapat mengubah skor IQ seseorang, berikut di antaranya:

  • Nutrisi.
  • Kondisi kesehatan.
  • Akses pendidikan.
  • Budaya dan lingkungan.

Perlu untuk Bunda pahami juga, apa pun skor IQ yang diperoleh, itu tidak bisa menjadi patokan atau memprediksi kehidupan seseorang. Sebab bisa saja, seseorang dengan IQ tinggi tidak sesukses orang lain dengan IQ rendah. Semua tergantung dengan usaha masing-masing.

Ada banyak jalan menuju sukses dan tidak semua dapat mendefinisikan kesuksesan dengan cara yang sama. Pengalaman hidup dan rasa ingin tahu tentang dunia itu penting. Begitu juga karakter, peluang, dan ambisi, belum lagi sedikit keberuntungan yang dimiliki oleh seseorang.

Cara meningkatkan IQ

Otak adalah organ yang kompleks, sehingga akan sulit bagi manusia untuk sepenuhnya memahami bagaimana kecerdasan, kemampuan untuk belajar, dan pengetahuan saling tumpang tindih di dalam kepala.

Tes IQ mengukur kemampuan seseorang untuk bernalar, memahami ide, dan mencari jalan keluar dari sebuah masalah. Kecerdasan dalam hal ini, mungkin merupakan masalah warisan dan potensi dari leluhur yang diturunkan melalui genetik.

Untuk sebagian besar, IQ umumnya dianggap stabil sepanjang hidup. Skor IQ masih merupakan ukuran bagaimana seseorang dibandingkan dengan orang lain dalam kelompok sebaya. Skor IQ akan tetap stabil jika semua orang dalam kelompok mulai tampil lebih baik dalam pengujian.

Satu studi kecil terpercaya pada 2011 menunjukkan bahwa kapasitas intelektual dapat meningkat atau menurun selama masa remaja. Beberapa bukti mengatakan, skor IQ mungkin dapat bertambah beberapa poin jika seseorang berlatih meningkatkan fokus, memori, atau keterampilan lainnya.

Ada banyak orang yang memiliki skor IQ tinggi, Bunda. Tak hanya para ilmuwan yang memecahkan beragam teori, beberapa selebriti dunia juga ada yang memiliki skor tertinggi, lho.

Penasaran siapa saja selebriti tersebut? Simak selengkapnya di halaman berikut, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Saksikan juga yuk video tentang 5 Artis K-Pop yang Punya IQ Tinggi, Ada Cha Eun Woo & Personil BTS

[Gambas:Video Haibunda]







SELEBRITI DUNIA DENGAN IQ TINGGI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!