sign up SIGN UP search


moms-life

Apakah IQ Tinggi Jadi Jaminan Sukses dan Kaya Raya?

Annisa A   |   Haibunda Selasa, 02 Aug 2022 14:40 WIB
Portrait of smiling beautiful Asian businesswoman enjoy the idea sitting at office. caption
Jakarta -

Kecerdasan sering kali diukur berdasarkan skor intelligence quotients atau yang disebut IQ. Nilai ini didapatkan dari tes yang mencakup berbagai kemampuan kognitif.

Ada banyak pesohor dunia yang memiliki IQ tinggi. Seperti halnya Albert Einstein yang dipercaya memiliki skor antara 160 dan 190, Bunda.

Sementara itu di zaman sekarang, beberapa tokoh dari dunia hiburan juga diketahui memiliki IQ tinggi, seperti RM BTS, Cha Eun Woo, hingga Kyuhyun Super Junior.


Namun, apakah IQ tinggi bisa menjadi jaminan kesuksesan dan kekayaan seseorang?

Perlu Bunda ketahui, kecerdasan merupakan hal yang didapatkan sejak kita dilahirkan. Seiring dengan pertumbuhan, manusia akan menyerap berbagai pengetahuan di sekitarnya dan berkembang menjadi lebih cerdas.

Skor IQ kebanyakan orang berada di antara 85 hingga 115. Melansir dari Healthline, hanya sekitar 2 persen manusia memiliki skor IQ tinggi di atas 130.

Skor IQ diukur melalui tes khusus. Tes tersebut mencakup pengukuran kemampuan bahasa, penalaran, matematika, kecepatan berpikir, pemrosesan visual-spasial, hingga daya ingat.

Apabila Bunda memiliki skor IQ tinggi, itu berarti kemampuan penalaran dan pemecahan masalah Bunda lebih baik daripada rata-rata dan mungkin menandakan potensi intelektual.

Warren Buffett, CEO dari perusahaan konglomerasi Berkshire Hathaway mengatakan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor penentu kesuksesan seseorang. Lebih dari itu, ia menilai ada poin penting seperti kestabilan rasional dan emosional.

"Anda tak perlu menjadi ilmuwan yang merakit pesawat luar angkasa. Ini bukanlah perkara orang dengan IQ 160 mengalahkan orang dengan IQ 140," tuturnya dalam buku Warren Buffett Speaks, dikutip CNBC.

Warren Buffett mengatakan, meski seseorang memiliki IQ 160, jumlah sebanyak itu tidak terlalu terpakai untuk membangun sebuah bisnis.

"Apa yang Anda butuhkan adalah kestabilan emosional dan rasional. Anda harus mampu berpikir secara independen," ujarnya.

Selain itu, faktor lain yang dapat membawa seseorang menuju pintu kesuksesan adalah karakter, kebiasaan, temperamen, dan kemampuan berpikir untuk berperilaku secara rasional.

"Untuk berinvestasi dengan sukses tidak memerlukan IQ saja, melainkan juga kerangka intelektual yang kuat untuk membuat keputusan dan kemampuan untuk menjaga emosi agar tidak merusak kerangka kerja," tuturnya.

Beberapa peneliti juga telah meneliti hubungan antara IQ tinggi dan kesuksesan seseorang. Baca di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang serba-serbi tes IQ untuk anak:

[Gambas:Video Haibunda]



PENELITIAN MENGENAI IQ DAN KESUKSESAN ORANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!