sign up SIGN UP search


moms-life

7 Negara Paling Bersih di Dunia, Skor Islandia Hampir Sempurna Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 03 Aug 2022 18:30 WIB
Picturesque aerial view of Vik I Myrdal church at the top of the hill in Iceland in winter. Panoramic beautiful view of village Vik and Myrdal church in winter in Iceland caption
Jakarta -

Kebersihan merupakan salah satu aspek yang dilihat seseorang saat mengunjungi suatu negara, Bunda. Untuk Bunda yang belum tahu, ternyata ada beberapa negara yang dinobatkan sebagai negara paling bersih di dunia, lho.

Data ini diambil oleh para peneliti di Yale dan Colombia. Peneliti telah memberikan peringkat pada kebersihan lingkungan di berbagai negara berdasarkan 25 metrik.

25 metrik ini termasuk kualitas air dan udara, perlindungan habitat, dan dampak lingkungan terhadap kesehatan penduduk. Negara-negara di Eropa masuk ke lebih dari setengah peringkat di 30 besar. Sedangkan Amerika Serikat menduduki peringkat ke-61.


Negara paling bersih di dunia

Melansir dari laman Forbes, ada beberapa negara yang dijuluki sebagai negara paling bersih di dunia, Bunda. Kalau penasaran, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya.

1. Islandia

Rynisfjara Black Sand Lava Beach Panorama. Drone Point of view to the famous Reynisdrangar Basalt Sea Stack Cliffs in the North Atlantic Ocean along Rynisfjara Black Sand Lava Beach, close to Vik i Myrdal, the southernmost tip of Iceland. Stacked XXXL Panorama. Rynisfjara, Vik i Myrdal, South Central Iceland, Iceland, Nordic Countries, EuropeIslandia/ Foto: iStock

Islandia merupakan negara peringkat pertama sebagai negara paling bersih di dunia, Bunda. Skor Islandia sendiri hampir mencapai angka sempurna, yakni 93,5.

Dalam kategori polusi udara yang diakibatkan oleh manusia, Islandia mendapatkan skor 97,4. Negara-negara lain yang memiliki pendapatan per kapita sama seperti Islandia bahkan hanya mencapai skor 84,8.

2. Swiss

Dengan hasil 89,1, Swiss menjadi negara paling bersih kedua di dunia, Bunda. Pendapatan perkapita Swiss sendiri berada di angka $37.000 atau setara dengan Rp552 juta.

Meski mendapat skor keseluruhan 89,1, Swiss mendapatkan nilai sempurna dalam aspek kehutanan, kualitas air, dan keanekaragaman hayati serta habitat. Seperti kebanyakan negara industri lainnya, Swiss mendapatkan skor rendah pada polusi udara.

3. Costa Rica

Pacuare River, Costa Rica -MAY  15 2021: Rafting team , summer extreme water sport. Group of people in a rafting boat, beautiful adrenaline ride down the river.Costa Rica/ Foto: iStock

Costa Rica adalah negara dengan pendapatan per kapita $9.600 atau setara dengan Rp143 juta, Bunda. Negara ini memiliki total skor 86,4 sehingga dinobatkan sebagai negara ketiga paling bersih di dunia.

Negara yang relatif miskin dan berkembang ini memiliki hutan yang lebat, air yang berlimpah, dan juga satwa liar, Bunda. Dengan pembangunan yang cerdas, Costa Rica bisa menghindari jalan yang diambil negara berkembang lainnya untuk mencemari lingkungan.

Tak hanya itu, Costa Rica juga memiliki pariwisata yang indah. Negara ini pun mendapatkan nilai tertinggi di sektor pariwisata.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa lihat juga video cara mudah kunjungi lokasi syuting drakor favorit berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



NEGARA PALING BERSIH DI DUNIA LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!