sign up SIGN UP search


moms-life

Pengaruh KB Implan Terhadap Hubungan Intim, Bikin Libido Turun?

Arina Yulistara   |   Haibunda Jumat, 12 Aug 2022 23:00 WIB
Young loving couple in bed. Happy couple relaxing in bed. caption

Bunda yang memakai KB implan mungkin perlu memahami pengaruhnya terhadap kehidupan seks. Benarkah ada pengaruh KB implan terhadap hubungan intim? 

KB implan menjadi salah satu alat kontrasepsi yang banyak dipilih wanita. Ini merupakan jenis kontrasepsi hormonal namun tidak dilakukan secara oral.

Jenis KB ini dipasang dengan cara menempatkan alat khusus di bawah kulit lengan Bunda. Alat tersebut dipasang oleh dokter atau perawat dengan metode yang mirip dengan suntikan.


KB jenis implan bekerja dengan melepaskan progestogen secara perlahan ke dalam aliran darah. Hormon ini merupakan salah satu bahan aktif utama yang ditemukan dalam pil KB oral.

Alat pengontrol kehamilan ini bekerja dengan mencegah tubuh Bunda berovulasi dan mengentalkan lendir serviks untuk mempersulit sperma melakukan perjalanan melalui rahim. KB implan diklaim 99% efektif mencegah kehamilan, lho.

KB implan bertahan selama sekitar empat tahun. Berarti bisa menjadi metode pengendalian kelahiran yang baik bagi siapa saja yang membutuhkan perlindungan jangka panjang.

Pada 2011, sebanyak 1,4 juta wanita memasang KB implan menurut data dari NHS. KB implan sering dianggap lebih baik dari pil yang mengandung estrogen dan progesteron.

Ini karena banyak dari Bunda yang berpikir semakin sedikit pengaturan hormon semakin baik buat kesehatan. Belum lagi, soal perubahan mood dan bentuk tubuh sebagai risiko KB suntuk atau pil.

Benarkah KB implan menurunkan gairah seks?

“Para ahli masih belum mengetahui apakah implan benar-benar menekan gairah seks dengan wanita dalam studi klinis melaporkan peningkatan, penurunan, atau tidak ada perubahan sama sekali,” papar Dr Anita Mitra, seorang ginekolog yang berbicara tentang kesehatan wanita, seperti dilansir dari Women’s Health Magazine.

Dr Anita menambahkan, jika memang pengaruh KB implan terhadap hubungan intim menyebabkan penurunan gairah seks, kemungkinan itu karena pengaruh dari progesteron sintesis. Salah satu efek sampingnya yakni menurunkan produksi estrogen intrinsik yang berperan dalam dorongan seksual.

Kontrasepsi implan yang umumnya dikenal sebagai Implanon atau Nexplanon, terkadang dapat menyebabkan libido rendah. Diperkirakan 1 dari setiap 20 orang yang menggunakan KB implan akan mengalami penurunan gairah seks.

Selain itu, jika dibandingkan dengan metode pengendalian kelahiran lainnya, pengguna kontrasepsi implan lebih cenderung melaporkan penurunan libido. Ini dibandingkan dengan metode kontrasepsi IUD.

Lantas seperti apa efek pemasangan KB implan? Bagaimana pengaruh KB implan terhadap hubungan intim? Lanjut baca halaman berikutnya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Biar enggak kebobolan, ketahui efektivitas tiap jenis tiap KB untuk kontrol kehamilan yuk Bunda. Saksikan video berikut ya:

[Gambas:Video Haibunda]



EFEK KB IMPLAN TERHADAP HUBUNGAN INTIM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!