sign up SIGN UP search

moms-life

Paratusin: Definisi dan Manfaatnya untuk Kesehatan Bunda & Keluarga

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 05 Sep 2022 16:35 WIB
Customer in pharmacy holding medicine bottle. Woman reading the label text about medical information or side effects in drug store. Patient shopping pills for migraine or flu. Vitamin or zinc tablets. caption
Jakarta -

Sudahkah Bunda mengenal obat paratusin? Obat satu ini merupakan obat dengan komposisi beberapa kandungan tertentu yang bisa meredakan gejala penyakit flu atau sejenisnya. Umumnya, paratusin digunakan untuk orang dewasa sebanyak 3 kali sehari dengan masing-masing satu tablet.

Dalam arti lain, obat tersebut sebanyak satu tablet seharusnya diminum dalam rentang waktu 8 jam. Namun, ini untuk dosis dewasa ya, Bun dan harus disesuaikan juga dengan dosis anak.

Sementara, untuk pembahasan selengkapnya terkait obat flu satu ini bisa langsung Bunda simak pada ulasan berikut mulai dari pengertian lengkap dengan rincian kegunaannya.


Banner Serba-Serbi PopokFoto: HaiBunda/ Dwi Rachmi

Mengenal apa itu Paratusin

Secara garis besar pengertiannya sudah disinggung di pembahasan sebelumnya, Namun, lebih jelasnya, obat Paratusin merupakan obat yang mengandung Noscapine, Glyceryl guaiacolate, Paracetamol, Chlorpheniramine maleate, serta Phenylpropanolamine HCl.

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya juga bahwa Paratusin seringkali dimanfaatkan untuk meringankan gejala-gejala flu seperti sakit kepala, hidung tersumbat, demam, bersin-bersin, hingga batuk. Nah, kandungan Noscapine yang berada di dalam obat ini berperan sebagai antitusif yang bisa menekan refleks batuk yang bisa saja Bunda alami ketika flu.

Sementara, Paracetamol berefek untuk meredakan demam dan bisa dijadikan sebagai pereda nyeri. Sedangkan untuk Chlorpheniramine maleate memiliki peran sebagai antihistamin/anti-alergi yang tentunya memiliki kegunaan dalam hal meredakan ketidaknyamanan saat alergi muncul. Kandungan lain yang berupa Glyceryl guaiacolate digunakan untuk ekspektoran atau dalam arti lain bisa dijadikan sebagai peluruh dahak.

Kegunaan dari Paratusin

Setelah Bunda mengetahui definisinya secara terperinci, maka selanjutnya Bunda juga akan mengetahui kegunaan dari obat paratusin itu sendiri.

1. Meringankan gejala flu
Nah, kegunaan utama dari paratusin adalah untuk meringankan gejala flu yang diketahui seringkali muncul melalui batuk dan pilek pada tubuh. Nah, di Indonesia sendiri, obat paratusin dikenal sebagai obat batuk yang ternyata cukup ampuh untuk Bunda dan keluarga gunakan.

2. Menurunkan demam
Selain dikenal sebagai obat yang mampu meringankan gejala flu mulai dari batuk dan dahak, ternyata obat satu ini juga populer untuk dijadikan sebagai obat penurun demam di dalam tubuh. Paratusin juga dikenal cukup efektif untuk menurunkan demam sebab obat satu ini mengandung Paracetamol hingga 500 mg.

Mengingat demam juga menjadi salah satu bagian dari gejala awal munculnya flu, maka Bunda bisa mengonsumsi paratusin ketika mulai merasakan gejala flu tersebut. Pasalnya, semakin awal dikonsumsi, maka reaksi yang dihasilkan juga bisa semakin cepat dan maksimal.

Itulah pembahasan seputar obat Paratusin lengkap dengan kegunaannya. Meskipun obat satu ini diketahui dijual bebas dan bisa dikonsumsi dengan resep dokter, Bunda tetap wajib memperhatikan dosis ketika hendak menggunakannya. (PK)

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video berikut mengenai kondisi anak yang membutuhkan obat demam.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!