sign up SIGN UP search

moms-life

Kenapa Ratu Elizabeth II Pilih Tinggal di Istana Balmoral Sebelum Meninggal?

ANNISAAFANI   |   Haibunda Kamis, 15 Sep 2022 22:10 WIB
HAL YANG TERJADI USAI RATU ELIZABETH II MENINGGAL
Peti jenazah Ratu Elizabeth II dibawa dari Istana Buckingham menuju Westminster Hall, Rabu (14/9) waktu setempat. Jenazah sang ratu akan disemayamkan selama empat hari. caption

1. Kabar ratu meninggal disampaikan dengan kode unik

Kerajaan Inggris memiliki protokol khusus ketika pemimpin mereka meninggal dunia. Terakhir kali seorang raja Inggris meninggal terjadi pada 65 tahun yang lalu, yaitu kematian George VI.

Berita kematiannya disampaikan menggunakan kata sandi "Hyde Park Corner" ke Istana Buckingham, untuk mencegah operator switchboard mengetahuinya. Pada kasus Ratu Elizabeth II, rencana tersebut memakai kata sandi "London Bridge". Hal ini dilakukan untuk mencegah berita menyebar secara tak terkendali.

Perdana menteri kemudian dibangunkan ketika kode tersebut dikeluarkan, dan jika dia belum bangun, maka pegawai negeri akan mengatakan kode "London Bridge Has Fallen'".


Dari Pusat Respons Global Kantor Luar Negeri di sebuah lokasi yang dirahasiakan di ibu kota, berita tersebut disebarkan ke 15 pemerintah di luar Inggris di mana Ratu juga menjadi kepala negara, dan 36 negara lain di Persemakmuran yang dia kuasai.

Ratu Elizabeth II pergi untuk selamanya tanpa banyak orang sadari. Informasi akan menyebar perlahan-lahan mulai dari keluarga, anggota pemerintahan, hingga akhirnya disampaikan ke masyarakat.

Media Inggris juga menerapkan protokol khusus di mana mereka menyampaikan kabar duka dengan mengenakan busana serba hitam. Masyarakat Inggris akan pulang kerja lebih awal, serta pilot di pesawat akan mengumumkan berita itu kepada penumpang mereka.

Tak lama kemudian, bendera Inggris di seluruh Britania Raya diturunkan setengah tiang sebagai simbol belasungkawa. Dalam beberapa jam setelah Ratu pergi, akan ada detail yang hanya bisa diputuskan oleh Charles.

"Semuanya harus ditandatangani oleh Duke of Norfolk dan Raja," kata seorang pejabat Inggris, dilansir dari The Guardian.

Banner Alat Kontrasepsi

2. Pangeran Charles naik takhta

Pada momen ketika Ratu Elizabeth II mengembuskan napas terakhir, Pangeran Charles naik takhta menjadi pemimpin selanjutnya, yakni Raja Charles III.

Sebagai pewaris tetap takhta Britania Raya, Charles dianugerahi gelar Pangeran Wales. Sebelum menjadi raja, Charles adalah anggota kerajaan Inggris yang paling lama menunggu untuk mengambil alih takhta Inggris daripada ahli waris mana pun.

Hal ini karena Ratu Elizabeth II memerintah selama 70 tahun, Bunda. Raja Charles III merupakan anak tertua dari Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip.

Tak hanya itu, putra sulungnya bersama mendiang Putri Diana, yaitu Pangeran William juga mengalami perubahan gelar. Kini ia resmi menjadi pewaris takhta pertama Kerajaan Inggris, yakni sebagai Prince of Wales. Sedangkan istrinya, Kate Middleton kini bergelar Princess of Wales.

Itu artinya, Pangeran William akan menjadi pemimpin Kerajaan Inggris berikutnya setelah sang ayah, Raja Charles III berhenti menjabat atau meninggal dunia.

3. Tembakan penghormatan dan perubahan gelar

Setelah kematian Ratu Elizabeth II, Dewan Aksesi akan menggelar pertemuan di Istana St. James, London. Melansir dari CNN, pertemuan itu berlangsung secara tertutup untuk mengumumkan pemimpin berikutnya.

Garter King of Arms akan bertugas membacakan proklamasi di balkon istana, yang kemudian diikuti dengan rentetan tembakan penghormatan yang bergema di penjuru ibu kota.

Sebelumnya, Charles telah dijadwalkan untuk membuat pidato pertamanya sebagai kepala negara pada malam kematian sang Bunda. Kemudian seorang pegawai negeri senior bernama Richard Tilbrook, akan membacakan kalimat resmi.

Tuhan Yang Maha Kuasa telah memanggil kepada rahmat-Nya, mendiang Lady Sovereign Ratu Elizabeth II dengan memori yang terberkati dan mulia."

Setelah itu Raja Charles III akan melaksanakan tugas resmi pertama pemerintahannya, dan bersumpah untuk melindungi negara serta gereja di Skotlandia.

(AFN/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!