sign up SIGN UP search

moms-life

5 Tips Mengatur Budget Self Reward Bunda, Hati-hati Boncos

Amira Salsabila   |   Haibunda Selasa, 20 Sep 2022 17:56 WIB
Savings money for family life concepts. Hand holding coin on a full money in glass jar and family member, car, house, healthy on coins. Depicts saving for wealth and life. fundraising concept. caption
Jakarta -

Setelah bersusah payah melakukan sesuatu, Bunda mungkin merasa layak mendapatkan self reward. Itu sah-sah saja, Bunda. Tapi ada hal yang harus diperhatikan ketika ingin mengeluarkan biaya self reward.

Self reward juga harus dipertimbangkan dari sisi kemampuan finansial. Jangan semata-mata merasa berhak atau layak mendapatkan sesuatu karena sudah bekerja keras, lantas menjadi boros dan mengganggu cash flow. 

Bunda perlu memperhatikan beberapa tips mengatur pengeluaran untuk self reward. Simak di bawah ini.


Tips mengatur budget untuk self reward

Mengeluarkan biaya untuk self reward juga tidak bisa sembarangan, ya, Bunda. Ada beberapa hal yang sebelumnya perlu diperhatikan dalam mengatur budget untuk self reward. Beberapa hal ini perlu dilakukan agar Bunda tidak boros.

“Ada baiknya pemberian self reward tidak sampai membuat seseorang berhutang, misalnya dengan cara membeli atau membayar menggunakan kartu kredit,” kata Defanya Aprechita, perencana keuangan dari Finante.id, kepada HaiBunda.

Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan untuk self reward? Untuk membantu Bunda mencari tahu apa saja tipsnya, yuk, simak beberapa tipsnya berikut ini, ya, Bunda.

1. Menentukan bentuk self reward

Ketika Bunda ingin mengeluarkan biaya untuk self reward, sebaiknya perhatikan bentuk self reward seperti apa yang Bunda butuhkan. Apakah itu sebuah liburan mengunjungi tempat wisata atau belanja beberapa barang yang Bunda inginkan?

“Ketika Anda menentukan nominal untuk budget self reward, hal yang perlu Anda perhatikan adalah apa bentuk self reward yang Anda butuhkan,” kata Defanya.

2. Perhatikan intensitas kebutuhan self reward

“Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah seberapa sering Anda membutuhkan self reward,” kata Defanya. Pemberian self reward tentu akan berdampak pada kinerja, sehingga hanya Bunda yang tahu betul seberapa sering Bunda membutuhkan self reward dan kapan saja.

Seberapa sering melakukan self reward juga sangat bergantung pada berapa budget yang mampu Bunda sisihkan untuk self reward tersebut. Tentunya hal ini juga akan berpengaruh terhadap kebiasaan Bunda dalam menggunakan uang

3. Sesuaikan pengeluaran self reward dengan keuangan Bunda

Selanjutnya, Bunda juga perlu menyesuaikan keuangan yang dimiliki ketika ingin mengeluarkan biaya untuk self reward. Hal ini perlu dilakukan agar Bunda bisa menentukan self reward apa yang sesuai dengan keuangan Bunda.

“Jika ada sesuatu yang ingin Anda dapatkan atau lakukan untuk bisa menjadi self reward buat diri Anda, namun, ternyata membutuhkan dana yang lumayan besar dan melebihi budget pos self reward Anda, akan lebih baik Anda bisa mempersiapkan dananya dengan menabung,” Kata Defanya.

“Sehingga walaupun Anda belum bisa mendapatkannya sekarang, tetapi secara keuangan akan lebih aman buat Anda daripada Anda memaksakan untuk mendapatkannya.”

Lanjut baca halaman berikutnya untuk mengetahui beberapa tips lainnya dalam mengatur keuangan untuk self reward, yuk, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 5 barang yang bisa dibeli sebagai self reward Bunda yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS MENGATUR BUDGET UNTUK SELF REWARD BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!