sign up SIGN UP search

moms-life

5 Tips Mengatur Budget Self Reward Bunda, Hati-hati Boncos

Amira Salsabila   |   Haibunda Selasa, 20 Sep 2022 17:56 WIB
TIPS MENGATUR BUDGET UNTUK SELF REWARD BUNDA
Ilustrasi Belanja caption

4. Hindari mengeluarkan budget berlebihan untuk self reward

Besarnya budget untuk self reward disarankan tidak melebihi atau sama dengan pengeluaran rutin Bunda. Jika pengeluaran untuk self reward sama dengan pengeluaran rutin, itu dikhawatirkan akan ada pos keuangan Bunda yang bisa terganggu.

“Jika Anda membutuhkan self reward setiap bulan, besaran budget self reward Anda disarankan tidak melebihi budget menabung atau investasi Anda setiap bulan,” kata Defanya.

5. Tidak mengambil biaya dari pos lain untuk self reward

“Membiayai self reward sangat tidak disarankan untuk mengambil dari pos budget lain karena tentunya akan mengganggu pembiayaan pos-pos yang sudah direncanakan,” kata Defanya.


Banner Gawat Janin

Jika sering mengeluarkan biaya untuk self reward, sebaiknya Bunda membuat pos self reward yang terpisah dari pos-pos keuangan lainnya. Bunda yang sering memberikan self reward juga bisa memperbesar budget pos self reward tersebut dibandingkan sampai harus menggunakan pos lainnya. Hal tersebut lebih aman untuk keuangan Bunda.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Bunda lakukan dalam mengatur keuangan untuk self reward. Memanjakan diri sendiri itu boleh, tetapi Bunda juga perlu hati-hati agar tidak boros. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

(asa)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!