sign up SIGN UP search


moms-life

5 Negara yang Memberikan Fasilitas Paling Baik bagi Bunda yang Baru Melahirkan

Amira Salsabila   |   Haibunda Rabu, 21 Sep 2022 18:33 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil Tidur 5 Negara yang Memberikan Fasilitas Paling Baik bagi Ibu Bersalin/Foto: Getty Images/iStockphoto/Lordn
Jakarta -

Di luar segala kebahagiaan yang hadir, harus diakui bahwa kondisi Bunda hamil atau yang baru melahirkan cukup rentan baik secara fisik maupun mental. Itulah sebabnya, Bunda membutuhkan istirahat setelah melahirkan dan juga perawatan yang mumpuni.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa ibu yang mendapatkan waktu untuk menjalin ikatan di bulan-bulan awal dapat membantu mendorong perkembangan bayi serta meningkatkan kesehatan fisik dan mental mereka sendiri.

Hal ini juga bisa mendorong lebih banyak wanita untuk menyusui, memenuhi kebutuhan mereka, mengurangi risiko depresi pasca persalinan, kelelahan, dan memiliki hubungan yang lebih baik dengan Si Kecil dan keluarga.


Mengambil cuti kerja beberapa waktu sebelum melahirkan adalah satu fasilitas paling penting yang perlu diberikan kepada ibu hamil, terutama setelah melahirkan.

Diperkirakan ada sekitar 40 persen wanita yang bekerja, kebijakan cuti hamil yang baik dapat membantu ibu baru merasa didukung dan perhatikan dengan baik.

Masa istirahat setelah melahirkan sangat baik bagi Bunda agar tubuh segera pulih. Perawatan yang baik untuk Bunda juga akan meminimalisir risiko baby blues serta post partum depression yang menghantui para ibu.

Sayangnya, pada kenyataannya tidak semua orang mendapatkan akses terhadap perawatan yang layak pasca-melahirkan. Idealnya negara turut hadir untuk mengatasi ini, namun, harus diakui bahwa tidak semua negara berperan maksimal.

Lalu, negara mana saja yang memberikan fasilitas paling baik bagi ibu bersalin? Ini lho, Bunda, daftarnya.

5 Negara yang memberikan fasilitas paling baik bagi ibu bersalin

Setiap negara memberikan fasilitas paling baik untuk para ibu yang akan melahirkan atau setelah melahirkan. Berikut ini adalah kumpulan negara yang dianggap telah memberikan fasilitas paling baik untuk para ibu bersalin.

1. Swedia

Melansir dari laman Times of India, Swedia dianggap sebagai salah satu tempat paling ramah bagi keluarga dan memberikan fasilitas paling baik kepada para ibu yang sedang hamil sampai melahirkan.

Mempromosikan lingkungan kerja yang progresif dan setara gender, pemerintah Swedia menawarkan hingga 480 hari cuti hamil yang berbayar, artinya meski mengambil cuti, Bunda tetap mendapatkan gaji.

Tidak hanya Bunda saja yang mendapatkan fasilitas tersebut, Ayah juga berhak atas tunjangan Ayah. Selain itu, negara ini juga mengizinkan perempuan yang bekerja di pekerjaan berat atau menuntut untuk mengambil cuti pada hari-hari awal, selain dari opsi untuk mempersingkat jam kerja sebesar 25 persen.

Lanjut baca halaman berikutnya untuk mengetahui negara mana lagi yang memberikan fasilitas paling baik untuk ibu bersalin, yuk, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 5 poin penting RUU KIA untuk para Bunda yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

NEGARA YANG MEMBERIKAN FASILITAS PALING BAIK BAGI IBU BERSALIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!