sign up SIGN UP search


moms-life

2 Alasan Roti Gandum untuk Diet adalah Pilihan Tepat, Bisa Empaskan Lemak Bun

Arina Yulistara   |   Haibunda Selasa, 27 Sep 2022 06:30 WIB
heap of various bread on wooden background caption

Mengonsumsi roti gandum untuk diet adalah pililhan yang lebih baik dari roti putih biasa. Bunda juga mungkin melakukannya saat sedang berusaha menurunkan berat badan. Tapi, apa sih alasan roti gandum untuk diet lebih baik?

Banyak ahli nutrisi menyarankan untuk mengganti roti putih dengan roti gandum utuh demi kesehatan. Jika sedang menjalani program diet, bahkan ini sangat dianjurkan terlepas dari apapun metode dietnya.

Roti gandum umumnya lebih tinggi serat sehingga membuat Bunda merasa kenyang lebih lama dibanding sepotong roti putih. Roti gandum bahkan dianggap lebih sehat dibanding kue manis, makaroni, muffin, dan makanan tinggi karbohidrat lainnya. 


Tak hanya itu, roti gandum juga mengandung serat, vitamin, serta mineral yang baik buat tubuh. Ada perbedaan yang signifikan mengenai nilai protein antara roti gandum dan putih. 

Mengutip dari Live Strong, roti putih mengandung 79,8 kalori, 15,2 gram karbohidrat, 0,7 gram serat, 2,3 gram protein, dan 1 gram lemak per lembar atau potong.

Roti gandum utuh mengandung 81,5 kalori, 13,8 gram karbohidrat, 1,9 gram serat, 3,9 gram protein, dan 1,1 gram lemak per iris. Roti gandum campuran yang mengandung 65 kalori, 12 gram karbohidrat, 1,7 gram serat, 2,6 gram protein, dan 0,9 gram lemak per potong.

Roti gandum biasa memiliki 82,6 kalori, 15,5 gram karbohidrat, 1,9 gram serat, 2,7 gram protein, dan 1,1 gram lemak per potong. Ini menandakan jumlah protein dan serat pada roti gandum jauh lebih tinggi dibanding roti putih. Cocok untuk membantu menurunkan berat badan.

Alasan roti gandum bagus untuk diet

Jika Bunda masih ragu, yuk simak alasan mengapa Bunda perlu mengonsumsi roti gandum untuk diet.

1. Bisa membantu menghilangkan lemak

Sebuah studi 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Plant Foods for Human Nutrition menunjukkan hubungan langsung antara konsumsi roti utuh dan kehilangan lemak.

Subyek yang mengonsumsi roti gandum dalam diet mereka mengalami penurunan lemak visceral dan indeks massa tubuh secara signifikan.

Berbeda dengan kelompok yang mengonsumsi roti olahan tidak menunjukkan perubahan. Para peneliti menyatakan bahwa diet roti gandum dapat membantu mencegah obesitas perut,yang merupakan faktor penyebab resistensi insulin, diabetes, hingga penyakit jantung.

Pada 2015, British Journal of Nutrition menerbitkan ulasan yang menilai hubungan antara roti dan obesitas. Para ilmuwan telah menemukan bahwa membatasi roti putih, sebagai bagian dari diet gaya Mediterania dapat membantu mengurangi lemak perut dan berat badan.

Teruskan baca halaman berikutnya untuk lihat manfaat roti gandum lainnya, yuk!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

CARA MEMILIH ROTI GANDUM UNTUK DIET
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!