sign up SIGN UP search


moms-life

7 Manfaat Memelihara Tanaman untuk Kesehatan Mental, Biar Inget Self-Love Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Selasa, 27 Sep 2022 03:00 WIB
Ilustrasi ibu dan anak menanam tanaman hias caption
Jakarta -

Kebanyakan orang menganggap memelihara tanaman hias hanya sebagai cara untuk mempercantik setiap sudut di rumah. Padahal sebenarnya ada manfaat lebih dari itu. Memelihara tanaman hias baik untuk kesehatan mental, lho.

Selain bisa meningkatkan nilai estetika pada rumah, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dikelilingi oleh tanaman hijau dapat membantu membersihkan udara di sekitarnya, menciptakan rasa sejahtera, dan meningkatkan ketenangan dalam hidup Bunda.

Memelihara tanaman dipercaya dapat meningkatkan banyak aspek dalam kesehatan mental, fokus, dan konsentrasi. Lalu, apa saja manfaat memelihara tanaman untuk kesehatan mental?


7 Manfaat memelihara tanaman untuk kesehatan mental

Melansir dari laman Psychology Today, salah satu cara yang bagus untuk menghabiskan waktu di luar ruangan adalah dengan memelihara tanaman. Hal ini karena memelihara tanaman dapat meningkatkan kesehatan mental yang lebih baik. 

1. Meningkatkan suasana hati

Memelihara tanaman dapat membuat Bunda merasa lebih tenang. Memusatkan perhatian pada tanaman dapat mengurangi pikiran dan perasaan negatif, sehingga bisa membuat Bunda merasa lebih baik. Bagi sebagian besar orang, menghabiskan waktu bersama tanaman dapat membantu mengurangi stres.

2. Mendorong ikatan sosial

Bergabung dengan suatu komunitas pecinta tanaman membutuhkan kerja sama tim untuk mencapai tujuan bersama. Menjadi bagian dari komunitas tersebut dapat bermanfaat bagi kesehatan mental Bunda dengan meningkatkan koneksi sosial dan sistem pendukung Bunda.

3. Mengurangi kecemasan

Memelihara tanaman membutuhkan tenaga, seperti mencabut, menggali, dan menyapu, ini adalah latihan yang baik. Olahraga teratur dapat mengurangi kecemasan, depresi, dan masalah mental lainnya, serta dapat membantu mencegah demensia.

Jika tidak suka pergi ke gym, memelihara tanaman dengan berkebun bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk tetap mendapatkan manfaat tersebut.

Lanjut baca halaman berikutnya untuk mengetahui manfaat memelihara tanaman untuk kesehatan mental yang lainnya, yuk, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 5 tanaman hias pembawa energi buruk menurut Feng Shui yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

TINGKATKAN KONSENTRASI HINGGA BIKIN BAHAGIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!