sign up SIGN UP search

moms-life

8 Makanan yang Bantu Redakan Nyeri Haid, Salmon hingga Pisang

Arina Yulistara   |   Haibunda Jumat, 04 Nov 2022 21:45 WIB
Teh jahe bisa pengaruhi obat hipertensi caption

Banyak wanita mengalami nyeri haid sebelum haid bahkan saat sedang menstruasi. Intensitas nyeri yang dirasakan wanita bisa berbeda, pada skala yang tinggi, nyeri haid bisa terasa amat mengganggu baik fisik maupun mental.

Ya, selain kram di bagian perut, gejala tersebut juga bisa dibarengi dengan adanya keluhan lain pada tubuh. Tak sedikit pula wanita yang merasakan moodnya berantakan.

Beberapa wanita bahkan hanya bisa berbaring di tempat tidur karena nyeri haid yang hebat. Meski ini hanya akan berlangsung beberapa hari, namun tentu akan sangat mengganggu ya, Bunda.


Untungnya, untuk kasus ringan hingga sedang, ada beberapa cara mengatasi nyeri haid yang bisa Bunda coba. Salah satunya dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu. 

Makanan mungkin tidak menghilangkan ketidaknyamanan kram menstruasi sepenuhnya, tapi ini bisa membantu meredakan dan tetap sehat. Jadi, tak ada salahnya dicoba, Bunda. 

Makanan yang dapat meredakan nyeri haid

1. Jahe

“Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa wanita yang minum teh jahe selama beberapa hari pertama menstruasi mereka mengurangi kram perut,” kata Lisa C. Andrews, R.D., dan presiden Ohio Academy of Nutrition & Dietetics, mengutip dari Glamour. 

Andrews merekomendasikan untuk menyeduh sepotong jahe segar yang sudah dikupas dan beberapa irisan lemon dalam air panas. Kemudian membuat teh jahe dengan cara ini yang akan membantu meringankan nyeri haid.

2. Chia Seed

Chia seed kaya akan omega-3 yang membantu mengurangi nyeri haid. Coba tambahkan chia seed pada salad atau resep makanan Bunda saat sedang menstruasi.

3. Salmon

Ikan berlemak seperti tuna dan salmon sering menjadi favorit para ahli diet karena kandungan omega-3-nya. Omega-3 membantu mengurangi peradangan, yang membuatnya baik untuk menghilangkan rasa sakit secara umum, termasuk rasa sakit akibat kram menstruasi.

Selain sebagai sumber protein yang sehat, salmon juga merupakan sumber vitamin D dan B6. Vitamin D membantu Bunda menyerap kalsium, nutrisi lain yang dapat membuat nyeri haid lebih mudah diatasi.

Vitamin B6 juga dapat membantu mengurangi nyeri payudara dan iritabilitas yang mungkin Bunda alami bersamaan dengan kram perut saat haid.

Teruskan baca halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

PISANG HINGGA BROKOLI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!