sign up SIGN UP search


moms-life

9 Ide Menu Makan Malam untuk Diet Turun Berat Badan

Arina Yulistara   |   Haibunda Selasa, 22 Nov 2022 06:30 WIB
Fillet ayam panggang dan salad sebagai menu makan malam untuk diet Menu makan malam untuk diet/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Elena_Danileiko

Sering bingung ingin makan malam apa saat diet turun berat badan? Mungkin beberapa ide menu makan malam untuk diet di bawah ini bisa menginspirasi Bunda.

Banyak orang melewatkan makan malam untuk diet. Namun hal ini justru bisa mengacaukan program turun berat badan Bunda.

Bunda perlu mengonsumsi makan malam saat diet yang membantu tubuh tetap kenyang hingga pagi hari. Hanya saja pilihan makanan dan waktu makannya perlu diperhatikan.


“Makan malam yang sehat harus diisi dengan banyak makanan padat nutrisi dan bergizi, dengan keseimbangan sayuran non-tepung, protein, lemak sehat, serta karbohidrat kompleks seperti sayuran bertepung dan biji-bijian yang dipenuhi serat,” papar Morgan Porpora, RD, seorang ahli gizi yang berbasis di New York, mengutip Women’s Health.

Jika memasak sendiri maka prosesnya penting diutamakan. Bunda dianjurkan memilih makanan yang dipanggang dibanding digoreng.

“Memilih makanan yang dipanggang, ditumis, dikukus, dan direbus biasanya akan lebih bergizi daripada makanan yang digoreng, dilapisi tepung roti,” tambah Morgan.

9 Ide Menu Makan Malam untuk Diet

Berikut ide menu makan malam untuk diet yang sehat, enak, dan mengenyangkan.

1. Fillet dada ayam panggang

Fillet dada ayam panggang menjadi ide menu makan malam yang lezat. Bunda bisa menggabungkan fillet dada ayam panggang dengan selada yang segar. 

Tidak hanya mudah didapat tapi ramah diet paleo maupun keto. Membungkus fillet dada ayam dengan selada juga menjadi cara inovatif memasukkan sayuran ke dalam menu makan malam Bunda.

2. Ramen seafood

Coba masak ramen seafood sendiri dengan bahan mie yang organik. “Kaldu dan seafood juga sangat baik untuk usus karena penuh dengan nutrisi yang mudah dicerna dan menyejukkan saluran GI,” kata Morgan.

3. Pizza

Bunda bisa membuat pizza dari telur dan sayur yang lezat dan sehat sebagai menu makan malam untuk diet. Telur akan menjadi pilihan lemak dan protein yang sehat. 

Beberapa sayuran juga bisa ditambahkan sebagai topping pizza sehat Bunda. Tambahkan bahan penyedap lain, seperti keju, bumbu rempah-rempah, ayam suwir, atau salmon, dan kentang di atasnya. 

4. Pasta beras merah

Kebanyakan dari Bunda tentu menyukai pasta. Namun sebagian besar pasta umumnya tidak mengandung protein dan serat yang sehat. 

Pilih pasta beras merah yang bisa Bunda olah secara lezat dan sehat sebagai makan malam untuk diet. Jika tidak suka beras merah maka bisa menggantinya menggunakan mie zucchini untuk mengikuti diet rendah karbohidrat.

Selanjutnya, pilih sumber protein ke dalam pasta. Dada ayam atau protein nabati seperti buncis bisa menjadi pilihan. Tidak lupa menyelipkan sayuran yang disukai, seperti bayam atau brokoli. Terakhir, pilihan saus sesuai selera. 

5. Tumis daging saos tiram

Gunakan canola oil untuk memasaknya. Morgan mengatakan bahwa menu satu ini hanya mengandung 303 kalori per porsi namun enak dan mengenyangkan.

Klik halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



WAKTU TERBAIK UNTUK MAKAN MALAM SAAT DIET
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!