sign up SIGN UP search


moms-life

Fakta Yuriko, Putri Tertua di Keluarga Kekaisaran Jepang yang Kini Berusia 99 Tahun

ANNISAAFANI   |   Haibunda Senin, 21 Nov 2022 20:40 WIB
Japanese Prince Mikasa and his wife Princess Yuriko are seen at their residence in Tokyo in this handout file photo taken by Imperial Household Agency on November 16, 2015. Prince Mikasa, the youngest brother of late wartime Emperor Hirohito and the country's longest-living royal in modern times, celebrated his 100th birthday on December 2, 2015. Prince Mikasa, uncle of Emperor Akihito, died on Thursday, Kyodo reported.  REUTERS/Imperial Household Agency of Japan/Handout via Reuters/File Photo      ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. FOR EDITORIAL USE ONLY. Fakta Yuriko, Putri Tertua di Keluarga Kekaisaran Jepang/Foto: REUTERS/Imperial Household Agency of Japan/Handout via Reuters/File Photo
Jakarta -

Dari keluarga kekaisaran Jepang, ada Yuriko yang menjadi putri tertua, Bunda. Ia lahir di Tokyo pada 4 Juni 1923.

Putri Yuriko kini anggota tertua keluarga Kekaisaran Jepang, Bunda. Tahun ini usianya telah mencapai 99 tahun.

Menurut laman Nippon, sang putri merupakan istri dari mendiang Pangeran Mikasa. Selama ini ia menjalani kehidupan yang tenang di rumahnya di Minato Ward Tokyo.


Kondisi kesehatan

Pada bulan Maret tahun lalu, sang putri menghabiskan empat hari di rumah sakit. Ini karena ia mendapat diagnosis dengan fibrilasi atrium paroksismal. Sejak itu Putri Yuriko tidak memiliki masalah kesehatan yang besar.

Untuk menjaga agar badan tetap fit, Sang Putri terus berolahraga dan latihan olah tubuh. Kebanyakan, ia melakukan peregangan selama sekitar 30 menit setiap pagi. Saat cuaca bagus, dia menghabiskan waktu di taman untuk menikmati matahari atau menjelajahi tempat itu dengan kursi roda.

Rutinitas harian

Tak sibuk mengurus kekaisaran, Putri Yuriko memiliki rutinitas harian dengan membaca beberapa surat kabar dan majalah. Dari bacaan tersebut, ia melihat kondisi dunia yang sempat melumpuh akibat pandemi COVID-19

"Dia sangat prihatin bahwa banyak orang berjuang di tengah pandemi COVID-19," kata pejabat kekaisaran Jepang.

Putri Yuriko merupakan lulusan dari Akademi Wanita Gakushuin pada 1941. Pada 29 Maret 1941 ia mengumumkan akan bertunangan dengan Takahito, Pangeran Mikasa. Lalu pada 3 Oktober 1941, pasangan tersebut melakukan upacara pertunangan secara resmi.

Tak menunggu lama dari upacara pertunangan, Pangeran Mikasa dan Putri Yuriko melangsungkan pernikahan pada 22 Oktober di tahun yang sama. Dalam pernikahan tersebut, keduanya dikaruniai 5 anak.

Anak Putri Yuriko

1. Yasuko Konoe

Putri Yasuko Naishinno lahir pada 26 April 1944. Ia menikah pada 16 Desember 1966 dengan Tadateru Konoe, saudara bungsu dari mantan Perdana Menteri Morihiro Hosokawa dan cucu angkat mantan Perdana Menteri Fumimaro Konoe (sekarang Presiden Palang Merah Jepang) dan memiliki seorang putra bernama Tadahiro Konoe.

Baca kelanjutannya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga 4 kebiasaan perempuan Jepang yang bisa mengatasi perut buncit dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

ANAK-ANAK PUTRI YURIKO
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!