sign up SIGN UP search


moms-life

Jeruk Nagami: Manfaat, Cara Menanam, dan Merawatnya

Amira Salsabila   |   Haibunda Selasa, 22 Nov 2022 03:00 WIB
Fortunella garden Jeruk Nagami: Manfaat, Cara Menanam dan Merawatnya/Foto: Getty Images/iStockphoto/Ninell_Art
Jakarta -

Jeruk nagami atau yang disebut juga kumquat adalah buah jeruk yang berbentuk lonjong dan jauh lebih kecil dari ukuran jeruk biasanya. Meski ukurannya lebih kecil, jenis jeruk yang satu ini juga memberikan manfaat untuk kesehatan, lho.

Kumquat memiliki kulit yang manis yang bisa Bunda makan. Sementara itu, bagian dalamnya mungkin memiliki daging dengan beberapa biji. Rasanya tidak terlalu berair, dan terkadang cukup asam untuk membuat mata Bunda berair.

Ada beberapa jenis kumquat yang paling populer di dunia, salah satunya adalah jeruk nagami. Jeruk nagami termasuk dalam keluarga jeruk bersama dengan jeruk limau, lemon, dan buah-buahan serupa lainnya.


Selain tampilannya yang cantik dan memiliki rasa manis, jeruk nagami juga bisa memberikan beberapa keuntungan untuk kesehatan Bunda, lho. Jeruk nagami mengandung beberapa vitamin dan nutrisi yang dapat membantu tubuh lebih sehat.

Kandungan dan manfaat jeruk nagami

Jeruk nagami memiliki sekitar 13 kalori, itu sekitar 90 kalori per porsi. Mereka memiliki kandungan vitamin C dan A yang tinggi. Sementara itu, kulitnya juga dipenuhi oleh serat dan antioksidan, lho, Bunda.

1. Vitamin C

Melansir dari laman WebMD, karena tubuh tidak membuat vitamin C secara alami, Bunda perlu mendapatkannya dari makanan, seperti jeruk nagami. Ini penting untuk beberapa kesehatan tubuh, seperti:

  • Pembuluh darah yang membawa darah ke jaringan dan organ Bunda
  • Tulang rawan, jaringan yang keras, tetapi fleksibel di tubuh Bunda
  • Otot
  • Kolagen, protein dalam tulang yang berperan dalam kesehatan tulang

2. Vitamin A

Jeruk nagami juga dapat membantu Bunda mendapatkan nutrisi yang sangat penting untuk banyak tugas di tubuh Bunda, seperti:

  • Penglihatan
  • Pertumbuhan
  • Reproduksi
  • Kekebalan tubuh

Sementara itu, vitamin A juga merupakan antioksidan. Itu berarti buah ini dapat melindungi sel-sel dari efek radikal bebas. Itu adalah molekul yang dibuat tubuh Bunda dan berperan penting dalam penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya.

4. Serat

Serat dapat membuat Bunda lebih mudah buang air besar. Serat jenis itu disebut serat tidak larut. Serat larut, yang larut dalam air dan ada dalam buah jeruk seperti jeruk nagami. Ini dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan gula darah.

5. Bantu melawan stres

Para ilmuwan juga menemukan bahwa makan beberapa jeruk nagami dalam sehari bisa melawan stres dan meningkatkan sel pembuluh alami, yang dapat membantu menyingkirkan sel kanker dan sel lain yang terinfeksi oleh virus.

Lanjut baca halaman berikutnya untuk mengetahui cara menanam dan merawat pohon jeruk nagami, yuk, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 7 tanaman yang bisa bikin sejuk ruangan, ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENANAM DAN MERAWAT POHON JERUK NAGAMI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!