sign up SIGN UP search

moms-life

Kisah WNI Kerja Kantoran di Malaysia, Kisaran Gaji Awalnya Nyaris 2 Digit Bun

Tim HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 13 Jan 2023 22:50 WIB
Ilustrasi lowongan kerja atau pekerjaan caption
Jakarta -

Pengalaman bekerja seseorang di negara asing selalu menarik disimak. Kali ini, kita membahas pengalaman seorang WNI bernama Mutiara yang bekerja di Malaysia.

Muti, sapaan akrabnya, merupakan lulusan kampus di Malaysia. Selama tiga tahun menuntut ilmu, ia kemudian ikut program magang dan bekerja di salah satu kantor di negara tersebut.

Bicara soal bekerja dan berapa gaji di sana, Muti mengatakan bahwa Malaysia cukup bagus dalam penetapan upah bagi pekerja awal. Katanya, UMR yang diperoleh bisa mencapai Rp9 juta.


"Ini yang gua baru ngerti. Kalau kisaran gaji di awal di Malaysia itu bagus. Maksudnya UMR mereka bagus dibanding Indonesia, sekarang minimal RM 2700 (Rp9,1 juta)," ujarnya, dikutip dari kanal YouTube Selly Gouw. HaiBunda sudah mengontak Muti dan diizinkan menulis kisahnya.

Gaji di angka tersebut juga dianggap sudah tinggi ya, Bunda. Namun, sebetulnya pekerja bisa mendapat angka lebih tinggi jika memiliki latar belakang yang lebih baik dan mau melakukan negosiasi pada saat direkrut.

"Dan kalau misalnya lu lebih credible dan bisa berani nego, lu bisa banget seenggaknya dapat minimal Rp10 juta sebulan, RM 3000. Itu bisa banget," katanya.

Akan tetapi, Muti juga mengingatkan bahwa Malaysia tak begitu baik untuk menaikkan gaji atau UMR pekerja. Bahkan, sebelumnya pernah disentil oleh media asing karena dinilai pelit.

"Nah tapi Malaysia itu baru-baru ini banyak dapat kecaman ya dari banyak media luar, bilang kalau tingkat kenaikan gaji itu paling pelit di Asia Tenggara."

"Dibanding Indonesia juga itu paling pelit," ujarnya.

Di Malaysia, kenaikan gaji para pekerja hanya berkisar antara 3 hingga 10 persen saja dalam satu tahun. "Kayak rata-rata setahun cuma 3-10 persen gitu."

Selain itu, Muti juga memberi pesan pada orang-orang yang berencana meniti karier di Malaysia. Katanya, perlu untuk melihat kisaran gaji yang sebetulnya agar bisa dibayar sepantasnya.

"Kalau kerja di Malaysia, pastikan lu harus cek juga pekerjaan lu itu kisaran gajinya berapa, supaya lu tuh bisa dibayar sepantasnya," tuturnya.

Selain Muti, pasangan dari Indonesia di Jerman juga soal pekerjaan di sana nih, Bunda. Simak selengkapnya di halaman berikut, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga 4 kebiasaan yang menghambat produktivitas kerja di kantor dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

PEKERJAAN PALING DICARI DI JERMAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!