sign up SIGN UP search

moms-life

Kaki Bengkak karena Asam Urat? Ini Gejala dan Cara Mengobatinya

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 20 Jan 2023 22:55 WIB
Joint inflammation, foot pain, woman suffering from feet ache at home, podiatry concept, painful area highlighted in red caption
Jakarta -

Kaki bengkak asam urat sering dialami para penderita penyakit ini. Asam urat adalah jenis radang sendi yang menyakitkan. Ini sering mempengaruhi jempol kaki, tetapi asam urat bisa berkembang di sendi manapun, termasuk pergelangan kaki.

Kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh menyebabkan asam urat. Penumpukan asam urat yang berlebihan akan menyebabkan terbentuknya kristal urat. Kristal-kristal ini masuk ke lapisan sinovial sendi yang menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada sendi yang terkena.

Untungnya, asam urat dapat diobati dengan obat-obatan, perubahan gaya hidup, dan pengobatan rumahan untuk mengendalikan rasa sakit dan pembengkakan serta mencegah serangan asam urat.


Banner Imlek 2023

Gejala asam urat di kaki

Melansir dari laman Verywell Health, tenaga layanan kesehatan terkadang salah mendiagnosis asam urat di kaki sebagai berbagai kondisi, mulai dari pergelangan kaki yang terkilir hingga jenis radang sendi lainnya seperti artritis rematoid.

Beberapa gejala yang mungkin membedakan asam urat dengan kondisi kesehatan lainnya pada kaki, berikut ini:

1.Nyeri

Nyeri asam urat sangat menyakitkan sehingga menonjol. Sesuatu yang sederhana atau lembut seperti seprei yang menyentuh asam urat dapat menyebabkan rasa sakit yang parah.

2. Kaku

Kaku akibat asam urat dimulai dengan rasa sakit ringan dan tumpul dan berubah menjadi parah dengan cepat.

3. Warna

Pergelangan kaki yang terkena asam urat seringkali terlihat berwarna merah. Kulit pergelangan kaki yang terkena ini mungkin tampak mengkilap.

4. Pembengkakan

Pembengkakan hebat sering terjadi pada encok pergelangan kaki bagi penderita asam urat.

5. Hangat

Pergelangan kaki yang meradang akan terasa hangat saat disentuh.

Gejala serangan asam urat yang paling umum adalah nyeri sendi yang hebat dan pembengkakan yang sering dimulai di tengah malam. Serangan asam urat umumnya memburuk selama 12 sampai 24 jam pertama.

Perlahan-lahan akan sembuh segera setelah itu, tetapi pemulihan penuh bisa memakan waktu sampai 14 hari atau 2 minggu.

9 Cara mengatasi kaki bengkak asam urat secara alami

Beberapa pengobatan rumahan yang dapat Bunda coba untuk membantu mengatasi rasa sakit dan pembengkakan asam urat di kaki adalah sebagai berikut:

1. Kompres dengan es batu

Melansir dari laman Web MD, jika nyeri tidak terlalu parah, cobalah kompres dingin atau kompres pada sendi untuk meredakan peradangan dan meredakan nyeri.

Bungkus es dengan handuk tipis dan oleskan ke sendi hingga 20 menit beberapa kali sehari. Hindari mengoleskan es ke tangan atau kaki jika memiliki masalah saraf akibat diabetes atau penyebab lainnya, ya, Bunda.

2. Minum air yang banyak

Ketika seseorang menderita asam urat, mereka dapat mengalami pembengkakan dan peradangan yang signifikan. Salah satu cara untuk mengurangi gejalanya adalah dengan minum lebih banyak air.

Melansir dari laman Medical News Today, meningkatkan konsumsi cairan dapat memicu ginjal seseorang untuk mengeluarkan cairan berlebih, mengurangi pembengkakan pada penderita asam urat.

Perlu diingat jika Bunda penderita gagal jantung kongesif atau penyakit ginjal, perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum menambah asupan cairan.

3. Mengurangi stres

Stres yang meningkat dapat memperburuk gejala asam urat. Meski tidak selalu mungkin untuk menghilangkan semua sumber stres, Bunda dapat olahraga jika rasa sakit tidak membatasi gerakan, istirahat dari pekerjaan, menulis atau membaca buku favorit, dan bermeditasi.

4. Mengangkat sendi yang sakit

Asam urat dapat menyebabkan nyeri dan bengkak, terutama pada kaki, tangan, lutut, dan pergelangan kaki.

Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan adalah dengan meninggikan sendi yang terkena. Ini mendorong darah dan cairan menjauh dari sendi dan kembali ke jantung.

6. Minum kopi

Beberapa orang percaya bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko mengalami asam urat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih banyak kopi lebih kecil kemungkinannya menderita asam urat.

Ini mungkin karena kopi dapat menurunkan kadar asam urat. Studi lainnya melaporkan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan risiko asam urat dan dapat melakukannya secara independen untuk menurunkan kadar asam urat serum.

7. Makan makanan seimbang

Pola makan seimbang yang mengandung beragam makanan padat nutrisi dan olahan minimal bisa membantu lebih rendah kadar asam urat dan mengurangi risiko serangan asam urat. Pola makan nabati bisa memberikan manfaat tertentu untuk penderita asam urat. Banyak buah dan sayuran kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan.

8. Minum air lemon

Sebuah studi 2015 menemukan bahwa menambahkan jus dari dua buah lemon segar ke dalam 2liter air setiap hari dapat mengurangi asam urat pada penderita asam urat. Para peneliti menyimpulkan bahwa air lemon dapat membantu menetralkan asam urat dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan kadarnya.

Jika mengalami kaki bengkak karena asam urat, Bunda dapat mengikuti beberapa pengobatan alami di atas yang bisa dilakukan di rumah. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

9. Jahe

Jahe adalah makanan dan ramuan yang diresepkan untuk kondisi peradangan. Kemampuannya untuk membantu asam urat dipercaya sangat efektif.

Buat kompres jahe dengan air mendidih dengan satu sendok makan jahe segar parut. Rendam dalam kain dan tempelkan pada area yang terasa sakit setelah dingin. Kompres selama 15 sampai 30 menit.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 5 minuman penurun asam urat yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(asa)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!