sign up SIGN UP search

moms-life

Menurunkan Berat Badan dengan Carnivore Diet, Waspadai Efek Sampingnya

Alicia Salsabila   |   Haibunda Kamis, 26 Jan 2023 07:31 WIB
beef steak Cara Melakukan Diet Karnivora/ Foto: iStock

Banyak metode diet yang bisa dicoba saat ingin menurunkan berat badan, salah satunya carnivore diet atau diet karnivora. Carnivore diet dilakukan dengan cara mengonsumsi daging. Ini merupakan diet ini tinggi protein dan rendah karbohidrat.

Potein yang lebih besar dapat membantu Bunda untuk merasa lebih kenyang setelah makan, protein juga dapat meningkatkan metabolisme yang membantu membakar lebih banyak kalori. 

Dilansir Healthline, Shawn Baker, seorang dokter ortopedika Amerika adalah pendukung diet karnivora yang paling terkenal. Menurutnya, seseorang yang mengikuti diet ini membuktikan bahwa dapat mengobati depresi, kecemasan, obesitas, diabetes, dan penyakit lainnya. Tapi, tentu ada efek samping yang perlu diwaspadai juga.


Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Menjalani Carnivore Diet

Seperti namanya, pola makan diet carnivore memang seputar daging, Bunda. Melansir dari everydayhealth, berikut makanan yang bisa Bunda konsumsi saat menjalani diet karnivora:

1. Daging

Pilihlah daging dengan kadar lemak yang lebih banyak, hal ini dilakukan untuk mendapatkan ekstra kalori untuk melengkapi menu diet Bunda.

2. Sumsum tulang dan jeroan

Agar menu diet karnivora tidak membosankan, Bunda juga bisa memilih sumsum tulang atau jeroan dalam menu makanan Bunda. 

3. Telur

Telur mengandung protein tinggi dengan sedikit tambahan lemak, terutama di bagian kuning telur. Bunda bisa memasak telur dengan daging-dagingan yang sesuai dengan aturan diet karnivora.

4. Susu, mentega, keju padat

Produk susu diperbolehkan dalam menu makanan diet karnivora, tetapi sebagian besar harus menghindari produk susu karena intoleransi makanan yang tinggi. 

5. Kopi dan teh

Saat menjalani diet karnivora untuk menurunkan berat badan, boleh saja minum kopi dan teh, namun perlu diingat bahwa asupan kafein yang tinggi akan membuat dehidrasi saat menjalani diet ini. 

Makanan yang Harus Dihindari saat Menjalani Carnivore Diet

Selain makanan yang dianjurkan, ada pula makanan yang harus dihindari saat menjalani carnivore diet, Bunda.

1. Nasi dan Pasta

Nasi dan pasta tidak disarankan bagi orang yang sedang menjalankan diet karnivora karena nasi dan pasta mengandung karbohidrat.

2. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian sebagian besar berasal dari karbohidrat, bukan lemak. Jadi, sebaiknya hindari makanan ini saat menjalani diet karnivora karena akan merusak metabolisme Bunda.

3. Alkohol

Alkohol dapat meningkatkan asupan karbohidrat dan kadar gula darah Bunda. Sebab itu, alkohol perlu dihindari saat menjalankan diet karnivora

Cara diet karnivora

Diet karnivora dapat dijalankan dengan menghilangkan semua makanan nabati, Bunda hanya mengonsumsi daging, ikan, telur, dan produk susu rendah laktosa dalam jumlah yang terbatas.

Bunda bisa mengonsumsi potongan daging yang berlemak untuk memenuhi kebutuhan energi harian. Diet karnivora menekankan kepada untuk minum air dan kaldu tulang, namun tidak menganjurkan untuk minum teh dan kopi.

Lantas, benarkah diet karnivora atau carnivore diet efektif menurunkan berat badan? Simak halaman selanjutnya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

CARNIVORE DIET AMPUH TURUNKAN BERAT BADAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!