sign up SIGN UP search

moms-life

Sering Pusing karena Darah Rendah? Ikuti 9 Cara Alami Menaikkan Tekanan Darah

Alicia Salsabila   |   Haibunda Senin, 23 Jan 2023 21:55 WIB
Ilustrasi tekanan darah tinggi atau hipertensi caption

Seseorang yang tekanan darahnya menunjukkan angka kurang dari 90/60 mmHG adalah penderita tekanan darah rendah atau bisa disebut dengan hipotensi. Gejala umum yang dirasakan biasanya berupa sakit kepala atau pusing, Bunda. 

Dilansir dari Mayoclinic, masalah yang diakibatkan tekanan darah rendah yang cukup parah dapat menyebabkan kondisi yang disebut syok. Gejala tersebut ditunjukkan dengan kebingungan, terutama pada orang tua, kulit dingin dan lembab, penurunan warna kulit atau pucat, napas cepat dan dangkal, bahkan denyut nadi lemah dan cepat. 

Jika Bunda merasakan gejala tersebut alangkah baiknya segera konsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. Bunda juga bisa simak penjelasan berikut ini. 


Penyebab Tekanan Darah Rendah

Melasir dari WebMD, berikut beberapa penyebab terjadinya tekanan darah rendah.

  1. Kehamilan
  2. Masalah hormonal seperti tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), diabetes, atau gula darah rendah (hipoglikemia)
  3. Gagal jantung
  4. Aritmia jantung (detak jantung abnormal)
  5. Pelebaran pembuluh darah
  6. Kelelahan atau stroke
  7. Penyakit hati
Banner Imlek 2023

Jenis Tekanan Darah Rendah

Dilansir dari Mayoclinic, terdapat 4 jenis tekanan darah rendah yang perlu Bunda ketahui. 

1. Hipotensi ortostatik (hipotensi postural)

Hipotensi ortostatik (hipotensi postural) adalah penurunan tekanan darah secara tiba-tiba saat berdiri dari posisi duduk atau setelah berbaring. Jenis tekanan darah rendah ini umum terjadi pada orang dewasa yang lebih tua.

2. Hipotensi postprandial

Penurunan tekanan darah ini terjadi 1 hingga 2 jam setelah makan. Hal ini biasanya terjadi pada orang dewasa, terutama mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau penyakit sistem saraf otonom seperti penyakit Parkinson. Makan makanan kecil, rendah karbohidrat, minum lebih banyak air, dan menghindari alkohol dapat membantu mengurangi gejala.

3. Hipotensi yang dimediasi saraf

Penurunan tekanan darah ini terjadi setelah berdiri dalam waktu lama. Jenis tekanan darah rendah ini kebanyakan menyerang orang dewasa muda dan anak-anak. Hal ini terjadi karena tidak kesinambungan antara jantung dan otak, Bunda.

4. Atrofi sistem multipel dengan hipotensi ortostatik

Disebut juga sindrom Shy-Drager, kelainan langka ini memengaruhi sistem saraf yang mengontrol fungsi tak sadar seperti tekanan darah, detak jantung, pernapasan, dan pencernaan. Jenis ini berkaitan dengan tekanan darah yang sangat tinggi saat berbaring.

Cara Alami Menaikkan Tekanan Darah

Dilansir dari MedicalNewsToday berikut dapat Bunda lakukan untuk menaikkan tekanan darah secara alami.

1.  Makan Garam dengan Porsi Lebih Banyak dari Biasanya

Seseorang yang miliki tekanan darah rendah sangat bertentangan dengan diet rendah sodium. Orang dengan tekanan darah rendah harus meningkatkan asupan nutrium secara moderat untuk membantu kenaikan tekanan darah. 

2. Hindari Minuman Beralkohol

Alkohol dapat menurunkan tekanan darah lebih lanjut, sehingga orang dengan tekanan darah rendah harus menghindari minum alkohol dalam jumlah berlebihan.

3. Diskusikan dengan Dokter

Jika Bunda mengalami gejala tekanan darah rendah setelah pengobatan, sebaiknya segera diskusikan gejala tersebut dengan dokter. 

4. Menyilang Kaki Sambil Duduk

Menyilangkan kaki sambil duduk terbukti meningkatkan tekanan darah. Bagi orang dengan gejala tekanan darah rendah, menyilangkan kaki dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Beda halnya dengan seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi, hal ini bisa menjadi masalah. 

5. Minum Air Putih

Dengan Bunda banyak meminum air dapat membantu meningkatkan volume darah yang dapat meringankan salah satu penyebab tekanan darah rendah, hal ini juga bisa membantu menghindari dehidrasi. 

6. Makan dengan Porsi Kecil

Makan dengan porsi yang lebih sedikit membantu mencegah penurunan tekanan darah yang berhubungan dengan makan makanan yang lebih besar dan lebih berat. 

7. Kenakan Stoking Kompresi

Stoking kompresi membantu mengurangi jumlah darah yang tersangkut di kaki bagian bawah. Stoking kompresi juga digunakan untuk membantu meredakan tekanan dan rasa sakit yang terkait dengan varises.

8. Hindari Perubahan Posisi Secara Tiba-Tiba

Duduk atau berdiri dengan cepat dapat menyebabkan perasaan pusing, pusing, atau berpotensi pingsan pada orang dengan tekanan darah rendah. Dalam kasus ini, jantung tidak memompa cukup darah ke seluruh tubuh dengan cukup cepat untuk memperhitungkan perubahan posisi atau ketinggian yang tiba-tiba.

9. Waspadai Gejalanya

Tekanan darah rendah hanya dianggap sebagai masalah jika ada gejala. Jika tidak ada gejala, tekanan darah rendah harus dianggap sebagai tanda kesehatan yang baik. Nah, Bunda harus paham ya gejalanya dan apa yang harus diwaspadai jika tekanan darah rendah mulai menimbulkan masalah. 

Buah yang Bisa Menaikkan Tekanan Darah

Dilansir Healthline, terdapat beberapa buah yang dapat membantu menaikkan tekanan darah. 

1. Tomat

Bunda dapat mengonsumsi tomat agar membantu mengurangi aktivitas enzim pengubahan angiotensin, yang menyebabkan pembuluh darah menyempit untuk mengontrol tekanan darah. Penelitian mengungkapkan bahwa tomat dapat membuka pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. 

2. Jeruk

Kandungan folat yang cukup tinggi dapat membantu mengatasi tekanan darah rendah. Folat merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah. 

3. Pepaya

Pepaya juga mengandung folat yang cukup tinggi. Konsumsi buah ini agar bisa memenuhi kebutuhan folat harian yang baik untuk mengontrol tekanan darah. 

4. Stroberi

Begitu juga dengan stroberi yang mempunyai kandungan folat yang cukup tinggi, selain itu stroberi juga mengandung air yang cukup tinggi, hal ini baik untuk dikonsumsi oleh penderita darah rendah agar tekanan darah naik. 

Demikian penjelasan singkat mengenai tekanan darah rendah, mulai dari penyebab hingga buah-buahan yang diketahui bisa menaikkan tekanan darah. Jika Bunda mengalaminya, tentu jalan terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

(fia/fia)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!