sign up SIGN UP search

moms-life

7 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik pada Malam Hari, Pakai yang Alami Aja Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Kamis, 19 Jan 2023 21:55 WIB
Tips makan sahur untuk penderita asam lambung caption
Jakarta -

Hampir delapan dari sepuluh penderita sakit maag mengalami gejala di malam hari. Jika begadang semalam Bunda pilihan Bunda untuk mengatasi masalah ini, Bunda perlu mengetahui beberapa cara mengatasi asam lambung naik pada malam hari yang lainnya.

Kondisi asam lambung naik disebut juga gastroesophageal reflux (GERD), suatu kondisi umum yang menyebabkan mulas. GERD terjadi ketika asam didorong dari perut kembali ke kerongkongan, yang dapat menyebabkan sensasi mulas dan nyeri pada perut.

Meski kebanyakan orang sering menggunakan obat untuk mengobati refluks asam atau asam lambung naik dan mulas, banyak modifikasi gaya hidup yang juga dapat membantu Bunda mengurangi gejala dan meningkatkan kualitas hidup.


Banner Imlek 2023

7 Cara mengatasi asam lambung naik pada malam hari

Saat Bunda perlu memaksakan tidur dengan kondisi asam lambung naik pada malam hari, bisa menjadi tantangan tersendiri. Rasa terbakar dan tidak nyaman, tidak hanya membuat Bunda sulit tidur, tetapi Bunda akan terbangun di malam hari.

Kebanyakan orang mengalami gejala asam lambung naik pada malam hari, baik saat tidur atau saat mencoba untuk tertidur.

Untungnya ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala tersebut dan mendapatkan tidur yang nyenyak. Bunda penasaran bagaimana caranya? Simak berikut ini, ya.

1. Tidur miring ke kiri

Melansir dari laman Healthline, beberapa penelitian telah menemukan bahwa tidur miring ke kanan dapat memperburuk gejala asam lambung di malam hari. Faktanya, berbaring miring ke kiri dapat menurunkan paparan asam di kerongkongan hingga 71 persen, Bunda.

Meski alasannya tidak sepenuhnya jelas, hal ini dapat dijelaskan dengan anatomi. Kerongkongan memasuki sisi kanan perut. Akibatnya, sfingter esofagus bagian bawah berada di atas tingkat asam lambung saat Bunda tidur miring ke kiri.

Di sisi lain, saat berbaring ke kanan, asam lambung menutupi sfinger esofagus bagian bawah dan dapat meningkatkan risiko asam lambung naik.

Meski tidur miring ke kiri sepanjang malam mungkin tidak selalu memungkinkan. Hal itu dapat membantu Bunda merasa lebih nyaman.

2. Tinggikan kepala di tempat tidur

Beberapa orang mengalami gejala asam lambung naik pada malam hari, yang dapat mempengaruhi kualitas tidur dan membuatnya lebih sulit untuk tertidur.

Mengubah posisi tidur dengan meninggikan kepala di tempat tidur dapat membantu mengurangi gejala asam lambung dan meningkatkan kualitas tidur yang baik.

Satu ulasan dari empat penelitian menemukan bahwa meninggikan kepala saat tidur dapat menurunkan refluks asam dan memperbaiki gejala seperti mulas dan regurgitasi pada orang dengan GERD.

Sementara itu, studi lain juga menunjukkan bahwa orang yang menggunakan tambahan bantal untuk meninggikan tubuh bagian atas saat tidur mengalami lebih sedikit refluks asam dibandingkan dengan mereka yang tidur dengan posisi tubuh rata.

3. Teknik pijatan

Melansir dari laman Medical News Today, memijat jaringan ikat yang mengelilingi diafragma dapat secara signifikan mengurangi refluks asam pada orang yang mengalami gejala asam lambungnya naik, Bunda.

Bunda disarankan menggunakan tangan atau tiga jari untuk memijat perut Bunda searah jarum jam, mulai dari pusar. Kemudian, lanjutkan dengan pernapasan dalam dan bergerak secara perlahan.

4. Menghindari pakaian ketat

Terkadang, mengenakan pakaian ketat dapat memberi tekanan pada perut yang membuat perut mulas kemungkinan bisa terjadi. Orang-orang mungkin merasakan manfaatnya ketika mengenakan piyama longgar saat ingin tidur daripada pakaian yang ketat.

5. Hindari makanan pemicu

Ini termasuk makanan yang dapat memicu mulas, baik dengan meningkatkan produksi asam dan tekanan lambung atau dengan mengendurkan otot stingter bagian bawah. Hindari juga makanan yang dapat mengiritasi lapisan kerongkongan seperti makanan pedas, kopi, buah jeruk, dan jus.

Terutama jika makan salah satu dari makanan ini saat makan malam akan meningkatkan kemungkinan Bunda mengalami mulas di malam hari.

6. Kunyah permen karet bebas gula

Cara mengatasi asam lambung naik lainnya bisa dengan mengunyah permen karet, ini dapat meningkatkan produksi air liur.

Menurut sebuah studi, permen karet bekerja untuk membantu mengurangi asam lambung naik karena air liur dapat membantu mendorong, menelan, yang dapat membantu menjaga asam turun, dan menetralkan asam lambung ke kerongkongan Bunda.

7. Hindari minuman bersoda

Tenaga kesehatan menyarankan Bunda untuk menghindari minuman berkarbonasi. Ini karena sebuah penelitian telah mengamati bahwa konsumsi rutin minuman berkarbonasi atau bersoda, termasuk minuman ringan dapat dikaitkan dengan risiko asam lambung naik yang lebih tinggi.

Satu studi lain juga menemukan bahwa minuman ringan berkarbonasi, khususnya, memperburuk gejala refluks asam tertentu, termasuk mulas, kenyang, dan bersendawa.

Alasan utamanya adalah gas karbon dioksida dalam minuman berkarbonasi menyebabkan orang lebih sering bersendawa, suatu efek yang dapat meningkatkan jumlah asam yang keluar ke kerongkongan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Bunda lakukan ketika mengalami asam lambung naik pada malam hari. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 3 minuman yang bisa mengatasi asam lambung ala Nabi Muhammad yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(asa)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!