sign up SIGN UP search

moms-life

Bacaan Lengkap Doa Al Falaq, Manfaat serta Keutamaannya

Amira Salsabila   |   Haibunda Selasa, 31 Jan 2023 11:45 WIB
Ilustrasi ibu dan anak berdoa caption
Jakarta -

Doa Al Falaq merupakan salah satu surat yang dibacakan Nabi Muhammad SAW sebelum tidur. Ketika Aisyah R.A bersama Rasulullah SAW, Aisyah melihat salah satu kebiasaan yang dilakukan beliau sebelum tidur.

Setiap malam, ketika Rasulullah SAW ingin tidur, beliau merapatkan kedua tangannya dan meniupkan ke arah kedua telapak tangannya itu sambil membaca surat An Nas, Al Falaq, dan Al Ikhlas.

Kemudian, Rasulullah menyapukan semua anggota badan mulai dari kepala wajah hingga seluruh bagian tubuh lainnya. Rasulullah melakukan hal ini sebanyak tiga kali, hal tersebut dilakukannya dengan tujuan berlindung kepada Allah SWT.


Banner Metode Kakeibo

Oleh karena itu, Rasulullah pun menganjurkan kepada para umatnya untuk membaca doa Al Falaq karena memiliki beragam manfaat yang bisa didapatkan, di antaranya sebagai berikut:

  • Terhindar dari segala jenis sihir yang dilakukan oleh orang jahat.
  • Jika dibaca sebelum tidur, Bunda akan terhindar dari godaan setan.
  • Untuk menyembuhkan segala penyakit akibat gangguan setan.
  • Lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Bacaan doa Al Falaq

Melansir dari buku Manfaat Dahsyat Dzikir Asmaul Husna karya Syaifurrahman El-Fati, surat Al Falaq ini terdiri dari lima ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al Fiil.

Surat ini dinamai Al Falaq yang diambil dari kata pada ayat pertama surat ini. Departemen Agama Republik Indonesia (RI) menerjemahkan kata Al Falaq dengan ‘waktu subuh’.

قُلۡ اَعُوۡذُ بِرَبِّ الۡفَلَقِ

مِنْ شَرِّ مَا خَلَق

وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَب

وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَد

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

qul a'ụżu birabbil-falaq, min syarri mā khalaq, wa min syarri gāsiqin iżā waqab, wa min syarrin-naffāṡāti fil-'uqad, wa min syarri ḥāsidin iżā ḥasad

Artinya:

“Katakanlah, 'Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

Keutamaan membaca doa Al Falaq

Tujuan diturunkannya surat Al Falaq adalah untuk menanamkan keyakinan umat Muslim bahwa tidak ada yang dapat mengakibatkan mudarat tanpa izin Allah SWT. Tidak ada pula yang dapat melindungi, kecuali Yang Maha Kuasa.

Aisyah R.A, berkata:

“Rasulullah meniupkan untuk dirinya Al-Mu'awwizatain saat mengalami sakit menjelang wafatnya. Dan ketika keadaan beliau sudah amat parah, aku membacakan untuknya dan mengusapkan dengan tangan beliau, kiranya memperoleh berkat surat ini.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Keutamaan membaca surat Al Falaq adalah untuk mengajarkan kepada umat Muslim agar selalu memohon perlindungan hanya kepada Allah SWT, terutama dalam menghadapi kejahatan.

Berikut adalah beberapa keutamaan membaca surat Al Falaq yang perlu Bunda tahu:

1. Gambaran tentang sifat buruk manusia yang perlu dijauhi

Surat Al Falaq memberikan gambaran umum tentang kehidupan. Maknanya adalah kehidupan tidak terlepas dari upaya-upaya jahat yang dilakukan oleh seseorang untuk mencelakai orang lain, terutama karena sifat buruk seperti dengki dan hasud untuk bisa melakukan apa pun.

2. Manusia diingatkan untuk selalu memohon perlindungan kepada Allah SWT

Allah SWT membimbing umat-Nya untuk selalu memohon perlindungan kepada-Nya dari kejahatan makhluk ciptaan Allah. Sifat buruk ini biasanya muncul dalam kegelapan malam hingga waktu subuh, Bunda.

Ayat kedua dan ketiga dalam doa ini mengandung makna tentang permohonan untuk mendapatkan perlindungan dari keburukan makhluk ciptaan-Nya. Baik yang datang dari diri sendiri maupun dari makhluk lainnya, baik yang sudah dialami atau belum dialami seseorang.

3. Dasar kejahatan adalah dengki

Kejahatan dari semuanya itu berdasarkan sifat dengki yang dimiliki oleh seseorang, Bunda. Bunda perlu menjauhi sifat ini karena bisa menimbulkan dampak yang merugikan bagi orang lain.

4. Berlindung dari kejahatan

Untuk menangkal berbagai upaya tindakan kejahatan yang akan dilakukan makhluk ciptaan Allah SWT, Bunda bisa membacakan surat Al Falaq. Tidak hanya itu saja, sebelum tidur Bunda juga bisa membaca surat tersebut bersamaan dengan membaca surat An Nas dan Al Ikhlas, sesuai dengan anjuran Rasulullah.

5. Untuk menyembuhkan sakit

Dengan membaca surat Al Falaq juga bisa membantu Bunda untuk menyembuhkan penyakit. Caranya adalah dengan membaca doa tersebut, lalu, meniupkan ke kedua telapak tangan, dan mengusapnya ke wajah, kepala, dan anggota badan lainnya.

Nah, itulah bacaan doa Al Falaq hingga manfaat dan keutamaannya ketika Bunda membaca doa tersebut. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 15 nama bayi laki-laki Islami modern bermakna cerdas dan pandai yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(asa)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!