sign up SIGN UP search

moms-life

Bahan Mikroplastik pada Masker Bisa Rusak Paru-paru? Ini Kata Ahli

Annisa A   |   Haibunda Jumat, 03 Feb 2023 16:47 WIB
Ilustrasi wanita pakai masker diperiksa suhu saat pandemi COVID-19 caption
Jakarta -

Masker sekali pakai atau disposable mask telah menjadi benda yang kerap digunakan di keseharian kita sejak masa pandemi COVID-19.

Akan tetapi, baru-baru ini muncul kekhawatiran mengenai bahan mikroplastik pada masker yang disebut berdampak pada kesehatan.

Bahan ini dikhawatirkan bisa memicu kerusakan pada paru-paru, Bunda. Lantas, apakah anggapan tersebut benar?


Para ahli pun menepis kekhawatiran tersebut, Bunda. Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa memakai masker tidak akan memicu kerusakan paru-paru.

Bahan mikroplastik yang dikhawatirkan bersifat merusak tubuh tidak bisa masuk ke paru-paru hanya dengan cara bernapas melalui masker, Bunda.

"Bukan pemakaian masker yang menyebabkan kerusakan paru-paru, tetapi mikroplastik yang tersisa setelah masker dibuang," ungkap salah satu pejabat di Institut Toksikologi Korea, Yoo Byung-ah, dikutip dari The Korea Herald, Kamis (2/2/2023).

Yoo memaparkan, masker sekali pakai akan memerlukan kelembapan dan sinar ultraviolet selama beberapa dekade untuk dapat terurai menjadi mikroplastik.

Pendapat itu diperkuat oleh kepala tim peneliti toksisitas inhalasi di bawah Korea Institute of Toxicology (KIT), Lee Kyu-hong yang melakukan penelitian terkait dampak masker dan produk plastik yang dibuang pada manusia dan alam di masa depan.

"Saat ini, orang-orang menghirup mikroplastik yang dibuang di masa lalu [bukan pada masker sekali pakai yang digunakan]," sebut Lee.

"Kita perlu mempertimbangkan dampak masa depan dari peningkatan penggunaan plastik yang luar biasa selama periode pandemi COVID-19 ini," lanjutnya.

Anggapan bahwa mikroplastik pada masker sekali pakai dapat terhirup dan membahayakan paru-paru manusia muncul akibat studi yang dipublikasikan oleh Institut Toksikologi Korea. Padahal, studi tersebut meneliti dampak mikroplastik dari masker sekali pakai pada hewan.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang bahan alami pereda sakit tenggorokan:

[Gambas:Video Haibunda]



(anm/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!