sign up SIGN UP search

moms-life

10 Cara agar Rambut Mudah Diatur dan Tidak Mengembang, Penampilan Sempurna Tiap Hari!

Amira Salsabila   |   Haibunda Minggu, 21 May 2023 07:30 WIB
Ilustrasi Rambut Gatal 10 Cara agar Rambut Mudah Diatur dan Tidak Mengembang/Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur
Jakarta -

Memiliki rambut halus adalah sesuatu yang tidak dimiliki setiap orang sejak lahir. Rambut Bunda bisa menjadi kering dan kusut karena pola makan tidak sehat dan perawatan rambut yang tidak teratur. Nah, Bunda penasaran bagaimana cara agar rambut mudah diatur?

Saat rambut gagal mempertahankan kelembapan dari minyak alami yang dikeluarkan oleh kulit kepala, rambut mudah menjadi kering, kasar, kusut, dan sulit untuk diatur, Bunda.

Akan tetapi, Bunda tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa diatasi dengan perubahan kecil dalam gaya hidup. Rambu juga bisa berubah menjadi lebih baik dengan rutinitas perawatan rambut yang benar, Bunda.


Perjuangan 5 Bunda Seleb Besarkan Anak Berkebutuhan Khusus

10 Cara agar rambut mudah diatur

Berikut adalah beberapa rutinitas perawatan rambut yang baik untuk menjaga kesehatan agar rambut tetap lembut.

1. Lidah buaya

Melansir dari laman Stylecraze, lidah buaya adalah sumber enzim proteolitik yang melimpah, ini bisa memperbaiki sel-sel rusak yang ada di kulit kepala Bunda.

Bunda bisa menambahkan lidah buaya ke dalam perawatan rambut karena ini memungkinkan untuk meningkatkan kesehatan folikel dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Kandungan kelembapan dari bahan ini membantu hidrasi rambut dan menjaga rambut Bunda terkondisi sepanjang hari. Ini akan memastikan tekstur halus dengan rambut kusut yang diminimalkan.

2. Pijat minyak kelapa untuk rambut

Perawatan pijat minyak rambut juga dapat membantu merangsang folikel rambut Bunda, ini meningkatkan pertumbuhan dan memperkuat rambut.

Perawatan deep conditioning ini juga membantu melawan masalah seperti ketombe dan gatal-gatal. Perawatan minyak kelapa yang melembutkan rambut dapat membantu menutrisi helai rambut Bunda dengan kandungan trigliserida yang kaya.

Ini juga memiliki kemampuan untuk menembus jauh ke dalam batang rambut Bunda, memungkinkan nutrisi yang optimal.

Minyak zaitun dikemas dengan antioksidan, asam lemak, dan vitamin E, yang membantu mengkondisikan rambut sekaligus mencegah dan memperbaiki kerusakan rambut.

3. Dadih

Dadih mengandung vitamin B5 dan D yang sangat penting untuk kesehatan rambut. Ini dapat membantu Bunda memperkuat batang rambut dari dalam sambil juga melawan masalah seperti ketombe.

Amla dalam masker ini dapat membantu meningkatkan vitamin C pada kulit kepala Bunda, membantu pertumbuhan rambut. Jadi, jika Bunda mencari perawatan pelunakan rambut mendalam dengan salah satu dari manfaat ini, masker rambut sangat cocok untuk Bunda.

4. Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang paling melimpah. Ini dapat membantu memberi rambut Bunda nutrisi dan kilau sekaligus memperbaiki teksturnya.

Ini dapat membantu memperbaiki kerusakan rambut dan menambah kehidupan pada rambut kusam. Secara teratur menggunakan paket rambut pelembut rambut dengan telur akan membantu memperkuat dan mengkondisikan rambut Bunda sekaligus membuatnya lebih mudah diatur.

5. Biji fenugreek

Biji fenugreek kaya akan protein, zat besi, vitamin C, potasium, dan lecithin. Nutrisi rambut penting ini bekerja sama untuk mencegah kerontokan rambut, ketombe, kerusakan, dan uban sekaligus meningkatkan penebalan dan kekuatan rambut.

6. Jus bawang

Jus bawang dapat membantu mengekang rambut rontok, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan juga menumbuhkan kembali rambut.

Ini mungkin karena kandungan belerangnya yang tinggi yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, memungkinkan nutrisi yang lebih baik.

Jus bawang juga merupakan sumber nutrisi yang kaya seperti biotin, mangan, flavonoid, vitamin C, fosfor, asam folat, dan tembaga, yang semuanya membantu memulihkan kesehatan dan kilau rambut Bunda.

7. Cuka sari apel

Perawatan ini membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan penumpukan dari rambut Bunda. Ini mengklarifikasi rambut tanpa menggunakan bahan kimia keras, membuatnya terasa lembut dan terlihat halus.

Sebelum menggunakan obat alami untuk rambut ini, pastikan bahan tersebut cocok untuk jenis rambut Bunda.

8. Potong rambut secara teratur

Memotong rambut setiap 6-8 minggu sekali sangat penting. Ini akan membantu menghilangkan ujung bercabang, mencegah kerusakan bergerak lebih jauh ke atas batang rambut. Lebih sedikit kerusakan juga akan membuat rambut lebih mudah terurai dan mengurangi kerusakan.

9. Biarkan rambut mengering

Alih-alih menggunakan pengering rambut, biarkan rambut Bunda mengering sendiri. Lakukan hal ini dengan memeras kelebihan air dari rambut dengan lembut menggunakan handuk dan biarkan terbuka sampai kering.

Hindari untuk menggosoknya dengan kuat menggunakan handuk karena bisa menyebabkan kerusakan. Setelah kering, lanjutkan dengan serum rambut tanpa bilas untuk mendapatkan kelembutannya.

10. Pertahankan pola makan yang sehat

Memastikan bahwa Bunda memberikan nutrisi yang cukup pada rambut adalah kunci untuk memiliki rambut yang sehat. Pastikan Bunda mendapatkan nutrisi harian berupa lemak sehat, protein, dan nutrisi, untuk menguatkan rambut alami. Selain itu, usahakan untuk minum cukup air.

Nah, itulah beberapa cara agar rambut mudah diatur yang perlu Bunda ketahui. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Jangan lupa pilih sampo yang cocok untuk rambut Bunda. Beli di sini. 

Saksikan juga video empat tips mudah untuk mengatasi kulit belang yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(asa)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!