moms-life

9 Jenis Tanaman Tajam yang Cantik Sebagai Tanaman Hias, Kaktus hingga Bougenvil

Amira Salsabila   |   HaiBunda

Sabtu, 10 Jun 2023 03:00 WIB

Jakarta -

Jenis tanaman tajam kedengarannya bukan kategori tanaman yang paling menarik untuk di letakkan di rumah, tetapi ada beberapa spesies tanaman tersebut yang paling disukai sebagai tanaman hias.

Terkadang tanaman berduri adalah yang dibutuhkan setiap rumah. Misalnya, pagar yang dibuat dengan semak berduri jauh lebih sulit ditembus penyusup, dan pohon berduri juga melindungi diri dari kerusakan yang disebabkan oleh burung dan makhluk lain.

Mereka tangguh dan kuat di banyak zona tumbuh, dan yang seperti semak dapat dipangkas menjadi pagar yang tidak bisa ditembus. Ini dapat menjaga agar rumah tidak terlihat seperti kompleks dengan keamanan maksimum.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Banner Malaria

Banyak pohon memiliki duri, beberapa di batangnya, tetapi biasanya hanya di dahan atau daunnya. Tujuan duri pada dahan adalah untuk melindungi pohon dari kerusakan.

9 Jenis tanaman tajam yang cantik sebagai tanaman hias

Jika ingin memelihara tanaman tajamĀ untuk tanaman hias di rumah, berikut adalah beberapa jenis yang bisa Bunda masukkan ke dalam daftar tanaman hias Bunda.

1. Agave

Melansir dari laman Love to Know, ini adalah tanaman yang sering digunakan dalam lanskap bertema barat daya. Di tepi daun-daun itu terdapat duri-duri tajam, memberi kesan bahwa mereka bukanlah tanaman yang bisa dijerat.

Jika ingin memilih tanaman ini, Bunda perlu menjaga drainase dengan baik. Tanam agave di tanah berpasir, jika memungkinkan, dan jangan disiram atau dipupuk.

2. Kaktus pir berduri

Kaktus memiliki duri, tetapi sebagian besar spesies tidak dapat tumbuh dengan mudah di tanah di luar lingkungan yang gersang. Pir berduri adalah pengecualian untuk aturan ini, ia tumbuh subur di sebagian besar negara, termasuk tempat dengan musim panas dan musim dingin.

Asalkan mendapat sinar matahari penuh dan drainase yang baik. Hindari menyiram atau memupuk tanaman tersebut.

3. Bougenvil

Bougenvil dikenal dengan bunganya yang berwarna-warni, tetapi batangnya yang berduri membuatnya menjadi spesies yang sangat baik untuk dipertimbangkan untuk membuat garis pagar lebih aman.

Ini adalah tanaman Mediterania yang membutuhkan sinar matahari penuh, menyukai cuaca panas, dan hanya membutuhkan pupuk dan irigasi dalam jumlah sedang. Selain itu, bougenvil membutuhkan drainase yang sangat baik, sehingga banyak orang yang memilih untuk menanamnya di dalam pot.

4. Pohon palem

Bunda juga bisa memilih pohon palem yang memiliki daun runcing yang tajam. Perawatan pohon palem dimulai dengan pemilihan spesies yang tepat. Pilih satu yang kuat di wilayah dan tempatkan di tempat yang mendapat cukup cahaya dan memiliki drainase yang sangat baik.

Melansir dari laman Gardening Know How, ada banyak varietas palem yang bisa dipilih, tetapi pertimbangan juga harus diambil untuk ukuran dewasa tanaman. Beberapa tanaman menjulang tinggi dan tidak cocok dengan banyak situasi lanskap rumah.

5. Lidah buaya

Lidah buaya termasuk tanaman tajam karena memiliki duri yang melapisi tubuhnya. Tumbuhan ini menyimpan air di daunnya, yang berarti mereka bisa bertahan lama tanpa air. Mereka memang membutuhkan penyiraman secara teratur, tetapi sangat toleran terhadap kondisi kekeringan dalam waktu yang singkat.

6. Yucca

Daun tanaman yucca yang seperti pedang menambah tampilan khas ke area mana pun, termasuk lanskap. Ini adalah semak cemara abadi yang datang dalam beberapa spesies.

Tanaman yucca memiliki bunga-bunga putih krem, bunga itu akan mekar paling baik di bawah sinar matahari penuh, selama pertengahan hingga akhir musim panas, Bunda.

7. Pyracantha

Pyracantha tidak seburuk kedengarannya, Bunda. Faktanya, ini adalah semak hias dengan dedaunan hijau dan buah ceri merah cerah yang bertahan sepanjang musim dingin.

Tumbuhan ini toleran terhadap panas yang hebat, kekeringan, dan tahan yang buruk, serta merupakan pilihan yang sangat baik untuk membuat pagar yang tidak bisa ditembus. Bunda sebaiknya mengenakan sarung tangan kulit tebal saat memangkas tanaman tersebut.

8. Silverthorn

Tanaman ini adalah salah satu dari banyak spesies Eleagnus dan satu-satunya yang dikenal terutama karena durinya yang kokoh, panjangnya mencapai dua inci, dan menutupi batang tanaman yang lebih besar.

Silverthorn adalah semak berduri hijau yang sangat besar, tingginya mencapai 15 kaki. Ini adalah salah satu tumbuhan dengan pertumbuhan tercepat yang tersedia dan akan membentuk pagar setinggi kepala dalam waktu dua tahun penanaman.

9. Brambles

Brambles, termasuk raspberry, blackberry, dan kerabatnya, sebagian besar batangnya tertutup oleh duri. Akan tetapi, itu tidak menghentikan orang untuk menikmati buahnya yang lezat, yang diproduksi pada pertengahan musim panas.

Brambles bisa menjadi pilihan tanaman hias tajam yang bisa menghiasi pekarangan rumah Bunda. Simpan tanaman tersebut di bawah sinar matahari penuh untuk pertumbuhan terbaiknya, ya, Bunda.

Nah, itulah beberapa jenis tanaman tajam yang bisa Bunda pilih untuk menghiasi dan melindungi pekarangan rumah Bunda. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan juga video rekomendasi bunga hias cantik untuk di dalam rumah yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

(asa)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT