parenting

Trik Simpel agar Anak Suka Makan Sayur & Buah Sejak Kecil

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 25 Apr 2019 13:30 WIB
Trik Simpel agar Anak Suka Makan Sayur & Buah Sejak Kecil
Jakarta - Banyak Bunda mengeluh kesulitan memberikan sayur dan buah pada anak-anaknya. Mulai dari enggak doyan sama sekali sampai yang mau tapi masih pilih-pilih. Wah, tantangan banget ya, Bun.

Membuat anak-anak gemar makan sayur dan buah itu nyatanya memang enggak mudah. Membuat sebagian Bunda memilih untuk memberikan makanan tambahan yang diklaim memiliki kandungan sayur ataupun buah. Padahal pemberian produk seperti itu, malah membuat anak malah semakin susah makan sayur.


"Jika anak-anak tidak diberi kesempatan untuk benar-benar memiliki pengalaman mengonsumsi dan mengenal sayuran langsung, bagaimana tampilannya, rasanya, teksturnya, maka anak-anak pun tidak mendapatkan kesempatan untuk melatih selera makan mereka,"ujar Dr Natalie Muth, dokteranak di Carlsbad, California, dikutip dari laman NYtimes.


Muth mengatakan, tujuan mendorong anak menyukai sayur dan buah yakni untuk membantu mereka belajar menyukai dan lebih mencintai makanan sehat, katanya.

Meski kenyataannya tidaklah mudah, tentu saja Bunda perlu melakukan upaya ekstra pengenalan sayur dan buah secara intensif sejak usia dini. Apalagi, masa bayi dan balita merupakan masa efektif bagi mereka untuk mempelajari citarasa baru. Dengan memperkenalkan berbagai citarasa termasuk rasa pahit yang diasosiasikan dengan sayuran akan dapat diterima oleh anak-anak, Bun.

Tips Simpel agar Anak Suka Makan Sayur & Buah Sejak KecilTips anak suka makan buah/ Foto: shutterstock

Selain itu, jangan lelah untuk mengenalkan pada anak-anak sayur dan buah berulang kali lewat berbagai asupan, sehingga mereka lebih akrab dengan makanan tersebut.

"Hal tersebut justru membuat anak-anak mau makan karena menanggap makanan itu bukan hal yang baru bagi mereka. Cukup memperkenalkan makanan baru berulang kali dimana dapat membantu mereka menyukainya,"kata Stephanie Anzman Frasca, seorang spesialis kedokteran anak.

Melansir Healthy Children, Bunda juga perlu nih memberikan makanan sehari-hari yang dibuat dengan bahan buah dan sayur. Misalnya saja dengan menyajikan salad sesering mungkin atau menjadikan buah dan sayur sebagai camilan harian anak-anak.

Tak hanya itu, masukkan setidaknya satu sayuran hijau atau kuning seperti bayam, brokoli, labu, wortel, dan lainnya dalam suguhan menu makan setiap harinya. Serta suguhkan setidaknya satu buah dan sayuran yang kaya vitamin C seperti jeruk, stroberi, melon, tomat, dan lainnya sebagai makanan dalam keseharian buah hati Bunda.

Selamat mencoba ya, Bun. (rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi