sign up SIGN UP search


parenting

7 Tips agar Anak Mau Makan Buah, Seru dan Mudah Diikuti

Asri Ediyati Minggu, 13 Sep 2020 12:50 WIB
happy child girl eating strawberries with milk at home Anak makan buah/ Foto: Getty Images/iStockphoto/evgenyatamanenko
Jakarta -

Seperti yang Bunda tahu, buah baik untuk tubuh. Itu sebabnya, kebiasaan makan buah harus diajarkan sejak dini pada anak-anak.

Buah secara alami rendah kalori, tinggi serat, dan sarat dengan vitamin dan mineral penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat. Jika anak Bunda mengalami sembelit, obatnya mungkin ada di dalam buah.

Sebuah studi di 2010 menemukan bahwa anak-anak yang tidak menyukai buah dan sayur, 13 kali lebih mungkin mengalami sembelit. Waduh, tentu kita enggak mau ambil risiko anak diberi obat pencahar kan?


Sayangnya, ketika anak mulai kenal makanan, sebagian dari mereka mulai jadi picky eater nih. Ada yang enggak suka sayur atau buah, bahkan keduanya. Kalau seperti ini bisa jadi PR sendiri deh buat orang tua.

Nah, bagaimana sih agar anak mau makan buah? Berikut tujuh tips agar anak mau makan buah, dijamin mudah diikuti dan caranya seru.

1. Makan bersama

Mengutip dari laman resmi PBS Kids for Parents, jika Bunda sedang mengemil buah, makan lah di depan anak-anak. Mereka cenderung akan ingin makan buah dan sayuran mereka ketika melihat orang tua, menurut sebuah studi baru di Appetite.

2. Terus mencoba

Banyak anak menolak makanan baru karena mereka takut, bukan karena mereka tidak suka rasanya. Kuncinya di sini jangan menyerah! Bunda mungkin perlu menyajikan buah baru 10 kali atau lebih sebelum mereka menerimanya.

3. Iris buah dan sajikan di depan anak

Buah mungkin terlihat menggoda ketika Bunda sudah mengirisnya dan disajikan di depan anak. Selain itu, jika disajikan secara utuh mungkin anak tak ingin menyentuhnya karena dianggap terlalu besar atau tak bisa dimakan.

Educate children to choose healthy food concept with little girl choice to eat fruit, not a donut7 Tips agar Anak Mau Makan Buah, Seru dan Mudah Diikuti/ Foto: Thinkstock

4. Makan buah dengan berbagai warna

Menurut dietitian Mary Ellen Deane dari Muskoka-Parry Sound Health Unit, anak butuh makan buah tiap hari. "Buah kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat, yang membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, obesitas pada masa kanak-kanak, dan diabetes tipe 2," kata Deane, dikutip dari Today's Parent.

Nah, cara terbaik untuk mendapatkan banyak nutrisi adalah dengan menikmati buah yang beragam warna. Bunda bisa memberikan anak variasi buah warna-warni, misalnya apel yang merah, melon yang hijau, buah naga yang berwarna ungu, dan lainnya.

5. Biarkan anak yang memilih buah

Untuk awal-awal, tak masalah jika anak suka dengan satu sampai dua jenis buah saja. Yang penting mereka sudah menyukai buah terlebih dahulu. Nah, setelah suka dengan satu buah, biarkan anak memilih jenis buah lain yang ingin mereka coba. Misalnya saat grocery shopping, ajak mereka untuk pilih buah yang mereka ingin makan.

6. Bikin kreasi

Jangan menyerah! Bunda bisa bikin kreasi dari buah-buahan, misalnya popsicle buah. Jangan lupa untuk libatkan anak dalam proses pembuatannya ya, Bunda.

7. Berikan reward

Ini upaya yang sederhana namun berarti bagi anak. Bunda bisa memberikan reward berupa stiker ketika anak berhasil dan mau makan buah. Anak mungkin merasa lebih bersemangat setelahnya.

Peneliti dari Cornell University, New York menawarkan kue atau apel kepada 208 anak-anak berusia 8 hingga 11 tahun untuk makan siang mereka. Saat anak makan apel dan mendapat stiker Elmo, anak-anak hampir dua kali lebih mungkin untuk mengonsumsinya.

Semoga dengan tips ini anak mau makan buah ya, Bunda.

Siak juga tips jitu Farah Quinn agar anak mau makan buah dan sayur:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi