parenting

Cara Mudah agar Anak Mau Makan Buah-buahan

Tia Reisha Kamis, 18 Apr 2019 11:15 WIB
Cara Mudah agar Anak Mau Makan Buah-buahan
Jakarta - Momen libur panjang sangat cocok dihabiskan untuk berekreasi bersama si kecil, Bun. Saat sedang liburan bersama si kecil, pastikan Bunda tidak lupa untuk selalu menjaga asupan nutrisi untuk mereka, salah satunya dengan memberinya buah.

Tapi, apakah Bunda pernah mengalami kesulitan memberinya buah karena ia menolaknya? Mungkin caranya salah, Bun. Sebenarnya ada cara mudah untuk membuat si kecil mau memakan buah.

Dilansir Alpha Mom, Bunda bisa mengolah buah menjadi puree agar teksturnya lembut dan mudah dimakan serta dicerna oleh anak. Misalnya membuat pear puree dengan memotong buah pir menjadi dadu, panaskan di microwave, lalu hancurkan hingga lembut.

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr.Muliaman Mansyur, Bunda bisa memberi sari buah pada si kecil jika usianya sudah di atas 6 bulan. Lalu, pada usia 8-12 bulan, Bunda bisa memberi si kecil buah yang lembut.

"Biasanya buah bisa diperkenalkan pada bayi di atas 6 bulan. Bunda bisa memberi sari buah kepada si kecil. Manfaatnya lebih kepada memperkenal rasa, tekstur yang cair dan halus dari buah, serta memberikan vitamin dan mineral yang alami yang ada di buah. Pada bayi yang lebih besar sekitar 8-12 bulan tentu bisa memberikan buah yg lembut," kata Muliaman kepada HaiBunda.



Selain itu, Muliaman mengingatkan baiknya hindari pemberian jus pada si kecil karena biasanya jus dibuat dengan tambahan gula sebagai pemanis. Namun, Bunda bisa mengolah buah menggunakan blender atau membuat puree buah tanpa tambahan gula.

Cara Mudah agar Anak Mau Makan Buah-buahanFoto: thinkstock
"Manfaat sari buah atau puree buah pada si kecil adalah di samping dapat vitamin dan mineral juga akan memperkenalkan rasa dan tekstur dari puree sendiri. Pada anak di atas 1 tahun manfaat dari pemberian buah sendiri di samping memenuhi asupan vitamin dan mineral, juga untuk membantu memperlancar saluran pencernaan," kata Muliaman.

Selain itu, untuk mendapatkan manfaat buah, Bunda bisa memberi si kecil Milna Nature Delight yang hadir dengan kemasan praktis dan cocok untuk berbagai keperluan, baik untuk camilan si kecil di rumah atau MPASI penunjang saat si kecil dibawa liburan keluar rumah. Milna Nature Delight hadir dalam 3 pilihan rasa dengan komposisi bahan utamanya, yakni apel, pisang, dan peach.

"Salah satu puree buah yang bisa dikonsumsi si kecil adalah Milna Nature Delight yang dibuat dari buah berkualitas seperti pisang, apel, peach, dan jeruk. Milna Nature Delight ini tidak mengandung gula tambahan jadi rasa manisnya berasal dari kandungan alami buah-buah alami," tutup Muliaman.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi