sign up SIGN UP search


parenting

Adakah Buah Mengandung Vitamin B12? Simak Faktanya Berikut Ini Bun

Nanie Wardhani Kamis, 14 Oct 2021 20:25 WIB
Ilustrasi anak makan Ilustrasi vitamin B12/ Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes

Memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan adalah hal yang penting. Salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin B12.

Dilansir dari Healthline, Vitamin B12 adalah vitamin esensial yang larut dalam air yang ditemukan di banyak makanan produk hewani. Vitamin ini membantu tubuh Si Kecil dalam memproduksi sel darah merah dan DNA, dan menjaga sistem sarafnya agar tetap sehat.

Jika Si Kecil makan banyak daging dan susu, maka akan mudah untuk mendapatkan cukup vitamin B12 dalam makanan yang dia konsumsi sehari-hari. Tetapi Si Kecil mungkin akan kesulitan untuk memenuhi nilai rekomendasi harian jika dia:


  • Mengikuti kebiasaan hidup vegan atau vegetarian
  • mengalami anemia pernisiosa
  • memiliki gangguan pencernaan yang membuat tubuh sulit menyerap nutrisi

Beberapa obat dapat menurunkan kadar vitamin B12 dalam tubuh Si Kecil. Ini termasuk:

  • Penghambat pompa proton (Prilosec, Prevacid)
  • Antagonis reseptor H2 (Zantac, Pepcid)
  • Metformin

Jika Si Kecil tidak bisa mendapatkan cukup vitamin B12, ada suplemen yang bisa mereka konsumsi. Namun, Pedoman Diet untuk Orang Amerika merekomendasikan untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dari makanan bila memungkinkan.

Lalu apakah ada buah dan sayuran yang mengandung vitamin B12? Seperti yang sudah disebutkan di atas, vitamin B12 hanya ada di makanan produk hewani, karena itu vitamin B12 tidak dapat ditemukan pada buah dan sayuran. Namun ada buah-buahan tertentu yang masih mengandung vitamin B secara umum, dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa buah yang mengandung vitamin B.

Pisang

Setiap 100 gram buah pisang mengandung tak kurang dari 0,433 mg vitamin B6, 0,3 mg vitamin B5, 24 mikrogram vitamin B9 (asam folat), dan 0,08 vitamin B2.

Kandungan vitamin B yang ada pada pisang menjadikannya sebagai buah yang baik untuk dikonsumsi Si Kecil untuk menghasilkan energi bagi tubuhnya, merawat sistem pencernaan, menjaga fungsi otak, dan membantu produksi sel darah merah.

Jeruk

Jeruk lebih identik dan dikenal dengan vitamin C yang terkandung di dalamnya. Namun, jeruk juga ternyata salah satu buah yang mengandung vitamin B, Bunda. Khususnya vitamin B6.

Kandungan vitamin B6 pada jeruk mampu memenuhi 5 persen dari total angka kebutuhan vitamin B6 harian yang disarankan. Selain itu, jeruk juga mampu merawat kesehatan kulit, hingga meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

Mangga

Jumlah vitamin B dalam setiap 100 gram mangga bisa mencapai 0,25 mg. Itulah sebabnya buah mangga ini bisa menjadi alternatif yang tepat untuk diberikan kepada si Kecil.

Kandungan vitamin B pada buah mangga menjadikan buah satu ini memiliki beragam manfaat. Mulai dari penambah energi, merawat mata, meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh, hingga mencegah terjadinya penyakit kanker sejak dini.

Nanas

Buah nanas tidak hanya memiliki rasa yang menyegarkan, tapi juga merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin B di dalamnya. Ketika Si Kecil mengonsumsinya, maka tubuhnya akan menerima asupan vitamin B hariannya dari buah tersebut.

Buah nanas mengandung vitamin B1 (thiamin) yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah mengoptimalkan daya ingat pada otak. Sangat cocok diberikan untuk si Kecil yang baru memulai pendidikan awalnya.

Alpukat

Alpukat juga merupakan salah satu jenis buah yang mengandung vitamin B, terutama vitamin B5. Hal ini karena pada setiap 100 gram buah alpukat, terkandung sekitar 1,39 mg vitamin B5.

Selain vitamin B5, buah berwarna hijau ini juga mengandung 0,5 mg vitamin B6, 0,1 mg vitamin B1, dan 0,2 mg vitamin B2. Manfaat vitamin B yang terkandung pada alpukat diantaranya ialah membantu proses pertumbuhan, memproduksi sel darah merah, dan mengoptimalkan fungsi otak anak.

Bluberi

Dalam setiap 340 gram bluberi, terkandung vitamin B6 sebanyak 5 persen dari total kebutuhan vitamin B6 harian yang disarankan.

Tak hanya kandungan vitamin B6, bluberi juga mengandung 0,05 mg vitamin B1, dan 0,01 mg vitamin B2 yang semua kandungannya sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti membantu produksi sel darah merah, menjaga fungsi otak, merawat kulit, memperkuat tulang, menjaga fungsi sistem pencernaan, hingga meminimalisasi risiko penyakit jantung sejak dini.

Stroberi

Selain bluberi, stroberi juga mengandung vitamin B, Bunda. Buah berwarna merah ini bisa Bunda berikan pada Si Kecil karena kandungan vitamin di dalamnya baik untuk daya tahan tubuh agar ia tak rentan terserang berbagai penyakit, Bunda.

Apel

Apel juga salah satu buah yang kaya akan vitamin B, Bunda. Mulai dari B1, B2, B5, dan B6, buah yang identik dengan warna kulit merah ini bermanfaat untuk membantu produksi DNA, memperlancar peredaran darah, dan meningkatkan produksi hormon.

Demikian beberapa buah yang mengandung vitamin B, Bunda. Walau tidak ada buah dan sayuran yang mengandung vitamin B12, namun kandungan vitamin B dalam buah juga memiliki beragam manfaat yang memberi banyak keuntungan bagi tumbuh kembang Si Kecil. 

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!