nutrisi

Ini Alasannya Kita Perlu Berikan Brokoli di Menu MPASI si Kecil

Melly Febrida 06 Jan 2018
Brokoli untuk MPASI/ Foto: iStock Brokoli untuk MPASI/ Foto: iStock
Jakarta - Menu MPASi si kecil hari ini apa saja Bun? Sudah memasukkan brokolikah ke menu makanan pendamping ASI (MPASI)-nya? Meski aromanya nggak begitu oke, tapi sayur ini banyak manfaatnya lho.

Kenapa sih brokoli baik dimasukkan dalam menu MPASI si kecil? Karena kandungan sehat brokoli yang memang banyak banget dan pastinya bermanfaat buat si kecil.

Menurut Natural News, brokoli adalah sayuran cruciferous yang pertama kali ditanam di provinsi Campania, Italia. Orang-orang Romawi Kuno melihat brokoli sebagai sayuran yang berharga karena kandungannya yang luar biasa.



Sejak tahu manfaat sehat brokoli, konsumsi sayuran ini pun meningkat secara signifikan di negara-negara Barat selama 25 tahun terakhir. Memangnya apa saja nutrisi yang luar biasa di dalam brokoli?

1. Sumber vitamin C dan K (135 persen dan 116 persen RDA (rekomendasi tunjangan harian), untuk satu porsi cangkir).
2. Sumber vitamin A, B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin, B5 (asam pantotenat), B6, B9 (folat), dan vitamin E yang sangat banyak.
3. Sumber mineral yang sangat bagus, termasuk potasium, mangan, fosfor, magnesium, kromium, selenium, zat besi, kalsium, dan seng.
4. Sumber serat yang sangat baik.
5. Sumber antioksidan yang sangat kaya (isothiocyanate, glucoraphanin, sulforaphane) dan fitonutrien.

Untuk mendapat manfaatnya, sebaiknya mengonsumsi brokoli dalam keadaan mentah atau dikukus ringan. Tapi manfaatnya juga sangat menakjubkan jika dimasukkan dalam sup dan diberikan sebagai MPASI si kecil.

Nah, berikut ini beberapa manfaat sehat yang bisa didapat si kecil bila memberikan brokoli dalam MPASI-nya:

1. Mendukung fungsi usus sehat
2. Mengurangi stres oksidatif dan kerusakan akibat radikal bebas
3. Mendukung sistem pertahanan alami tubuh
4. Mendukung kesehatan usus normal, tulang yang kuat, dan persendian yang sehat
5. Mendukung kesehatan jantung dan hati
6. Mendukung kesehatan rambut dan kulit
7. Meningkatkan energi


Oh iya, ada juga penelitian yang dipublikasikan di jurnal Fungsional Foods yang menyebutkan bahwa sayuran yang mengandung cruciferous seperti brokoli mengandung senyawa kimia organik yang berfungsi memelihara flora usus tetap sehat dan menjaga kekebalan tubuh.

Selain menjaga kesehatan usus, brokoli juga dapat membantu mencegah penyakit kanker dan penyakit Crohn (penyakit radang usus kronis). Bahkan penelitian sebelumnya telah mengatakan bahwa brokoli juga dapat membantu mencegah diabetes dan mengurangi risiko kanker prostat.

Hmm, luar biasa ya. Jadi sudahkan bunda memberikan brokoli di menu MPASI si kecil? (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi