nutrisi

Tips Memilih Wadah Bekal Makanan Anak

Asri Ediyati 08 Jan 2018
Ilustrasi wadah bekal makanan anak/ Foto: iStock Ilustrasi wadah bekal makanan anak/ Foto: iStock
Jakarta - Rasanya senang kalau anak ingin membawa masakan kita untuk dijadikan bekal makanan ke sekolahnya. Tapi, apakah kita sudah memerhatikan kualitas wadah bekal anak?

Memang sih, soal wadah bekal makanan anak, terkesan sepele, tapi hal tersebut sangat penting untuk kesehatan anak. Kadang saat memilih wadah bekal makanan anak, kita mempertimbangkan harga. Atau nih, kita cuma mempertimbangkan kelucuannya saja.

Nah, Bun, berikut telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber, tips memilih wadah bekal makanan anak.

1. Perhatikan Prinsip Wadah

Menurut dr Lily S Sulistyowati MM, Direktur P2PTM Kemenkes RI, dalam penyajian makanan ada yang namanya prinsip wadah. Artinya setiap jenis makanan ditempatkan dalam wadah terpisah dan tertutup.

Selain itu, penempatan makanan yang mengandung kadar air tinggi baru dicampur pada saat mau dimakan untuk mencegah makanan anak cepat rusak. Jadi, kalau bisa pilih wadah yang memiliki sekat ya dan anti bocor ya, Bun.

2. Pilih Wadah yang Tahan Panas

Menyajikan bekal makanan anak pastinya dilakukan pada pagi hari. Pastinya saat itu masakan sedang panas-panasnya karena baru matang.

Nah, dalam memilih wadah sebaiknya juga diperhatikan simbol atau tanda yang tertera. Misalnya yang aman untuk dipanaskan dengan microwave atau tahan panas hingga sekian derajat Celcius. Hal ini untuk menghindari makanan kena zat berbahaya yang berasal dari lelehan bahan plastik akibat wadah yang tak tahan panas.

3. Pilih Wadah yang BPA Free

BPA adalah singkatan bisphenol A. BPA adalah bahan kimia industri yang telah digunakan untuk membuat plastik dan resin sejak tahun 1960-an. BPA ditemukan di plastik polikarbonat dan resin epoksi. Plastik polikarbonat sering digunakan dalam kemasan yang menyimpan makanan dan minuman, seperti botol air.

Nah, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa BPA dapat masuk ke dalam makanan atau minuman dari wadah yang dibuat dengan BPA. Paparan BPA menjadi perhatian karena ada kemungkinan efek pada otak, perilaku dan kelenjar prostat janin, bayi dan anak-anak. Penelitian tambahan menunjukkan ada kemungkinan hubungan antara BPA dan kenaikan tekanan darah. Untuk itu, sebaiknya pilih wadah yang BPA Free ya.

4. Pilih yang Mudah Dibersihkan

Ada lho, wadah bekal anak yang sulit untuk dicuci, jadi sebaiknya kita pilih yang mudah dicuci saja ya, Bun. Setiap peralatan makanan anak yang digunakan harus bersih. Artinya sudah dicuci dengan cara yang higienis. Jika nggak bersih akan menjadi sarang bakteri dan tentunya akan merugikan kesehatan anak. (aci/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi