nutrisi

Ide Menu dan Tips MPASI Bayi 12 Bulan Ala Cynthia Lamusu

17 Jan 2018
Ilustrasi MPASI/ Foto: 20detik Ilustrasi MPASI/ Foto: 20detik
Jakarta - Dulu waktu anak saya masih makan makanan pendamping ASI (MPASI), sering kali bingung mau masak apa ya buat si kecil. Nah, ini ada ide menu MPASI yang cukup simpel dari penyanyi yang punya anak kembar, Cynthia Lamusu.

Di usia kedua anaknya, Tatjana dan Bima yang sudah 12 bulan, Cynthia Lamusu menyediakan MPASI yang bisa dimakan sendiri oleh anaknya pada saat makan siang. Yup, bener, Bun, dimakan sendiri tanpa melibatkan banyak bantuan dari orang sekitarnya.

Ide MPASI ala Cynthia Lamusu/Ide MPASI ala Cynthia Lamusu/ Foto: Instagram @tatjanadanbima


Menu MPASI di pagi hari yang sehat dan simpel:
Oat plus buah

Menu MPASI di siang hari:
Nasi
Sayuran kukus tanpa tambahan apapun, misalnya brokoli dan wortel
Pepes teri tahu

Menu MPASI di sore hari:
Sama dengan menu makan siang, hanya saja ditambah kuah.



Untuk makan siang, karena ingin anak bisa makan sendiri, tentu MPASI harus dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan anak. Caranya nasi dibulat-bulatkan menjadi beberapa bola nasi kecil. Sayuran kukus juga dipotong kecil-kecil, demikian pula dengan pepes teri tahunya.

Sementara untuk makan sore, anak kembali disuapi, karena makanannya mengandung kuah.

Selanjutnya kita simak juga nih, Bun, saran agar anak memakan lahap MPASI-nya dari Cynthia Lamusu. Ada beberapa tips nih:

1. Menu yang Disukai Anak

Masak menu MPASI yang disukai anak, so tentunya harus enak dong. Siapa sih yang nggak mau makan makanan enak.

2. Biasakan Disiplin

Ketika waktu makan tiba, kita harus membiasakan anak disiplin duduk di tempat duduk. Ini penting banget supaya fokus pada makannya.

Cynthia Lamusu bukan tipe ibu yang anti membawa mainan saat makan. Dia tahu banget anak-anak batita rentang konsentrasinya masih rendah, jadi anak-anak suka bosen saat makan. Nah, saat anak bosan di waktu makan, Cynthia Lamusu akan memberikan mainan berukuran kecil.

3. Kreatif dan Heboh

Meski anak makan sendiri makanan yang merupakan finger food, atau yang dimakan dengan metode baby lead weaning (BLW) bukan berarti anak bisa ditinggal makan sendiri. Ya, namanya juga masih anak-anak batita ya, Bun.



Maka itu agar anak semangat makan MPASI-nya, yang menyuapi atau menemani anak makan harus kreatif dan heboh. Soalnya kalau nggak heboh, anak bisa jadi kurang semangat makan.

"Ya sambil nyanyi, ajak ngobrol, bisa cerita, ngebanyol. Yah pokoknya jangan sepi, bikin mereka happy," pesan Cynthia Lamusu dalam Instagram anaknya, @tatjanadanbima.

Kalau anak melakukan gerakan tutup mulut (GTM) gimana? "Putar otak, improvisasi menu dan tekstur makanan, sampai akhirnya anak nggak GTM lagi," ucap Cynthia Lamusu.

Ide MPASI/Ide MPASI/ Foto: Infografis
(vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi