parenting

MPASI Pertama Anak, Buah-buahan atau Serealia dan Daging?

Annisa Karnesyia Kamis, 30 May 2019 21:00 WIB
MPASI Pertama Anak, Buah-buahan atau Serealia dan Daging?
Jakarta - Memberikan makanan pertama pada bayi atau MPASI enggak boleh sembarangan, Bun. Banyak orang bilang, asupan terbaik untuk MPASI pertama anak adalah buah dan sayur. Apa iya?

Menurut dokter spesialis anak konsultan gastrohepatologi, dr.Frieda Handayani, SpA(K), MPASI pertama itu bukanlah buah dan sayur, melainkan serealia dan daging. Kandungan kedua jenis makanan ini terbukti lengkap memenuhi gizi dan nutrisi anak.

"Sebaiknya jangan berikan buah dan sayur saat pertama kali memberi anak MPASI, tapi berikan serealia dan daging karena mengandung makronutrien dan mikronutrien yang baik untuk tubuh," ujar Frieda.



Kebutuhan gizi anak usia MPASI terdiri dari lemak, karbohidrat, protein (makronutrien), serta vitamin dan mineral seperti zink dan zat besi (mikronutrien). Untuk serealia, kandungan makronutrien dan mikronutriennya lengkap, Bun.

"Macam-macam serealia, seperti gandum, oat, jagung, dan pati boleh dicoba sesuai ketersediaan," papar Frieda.

MPASI Pertama Anak, Buah-buahan atau Serealia dan Daging?/MPASI Pertama Anak, Buah-buahan atau Serealia dan Daging?/ Foto: Istock

Sedangkan, daging dipilih karena tinggi zat besi yang mudah diserap tubuh bayi. Meski daging hanya dimakan sedikit, kandungan zat besinya tinggi dan baik untuk perkembangan anak.

"Dalam penelitian jangka panjang, zat besi yang cukup pada anak terbukti membuat IQ anak lebih cerdas, kognitifnya lebih baik, perilaku anak lebih tenang, dan kemampuan motoriknya lebih baik," kata Frieda.

Menurutnya, pemberian zat besi pada MPASI juga untuk mengurangi anemia defisiensi besi pada anak. Mengingat zat besi di ASI sudah mulai berkurang sejak bayi usia 4 sampai 5 bulan.


Bunda boleh kok memberikan buah dan sayur sebagai MPASI, tapi bukan prioritas utama ya. Jika hendak memberi pun, harus memperhatikan urutan pemberiannya.

Frieda menyarankan untuk mengenalkan sayuran lebih dulu, kemudian buah. Secara alami, bayi lebih menyukai makanan manis, sehingga buah mudah diterima.

"Tergantung keinginan kita sih, kalau mau anak nantinya suka sayur, sebaiknya beri sayur duluan," tuturnya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi