nutrisi

Menu Sahur Tepat Agar Anak Tak Gampang Lemas Saat Puasa

Tia Reisha Jumat, 18 Mei 2018 - 10.32 WIB
Menu Sahur Tepat Agar Anak Tak Gampang Lemas Saat Puasa/ Foto: Shutterstock Menu Sahur Tepat Agar Anak Tak Gampang Lemas Saat Puasa/ Foto: Shutterstock
Jakarta - Menginjak hari kedua bulan Ramadan, sudahkah Bunda menyiapkan menu sahur yang tepat buat keluarga? Bunda perlu tahu nih bahwa sahur itu penting dan jadi kunci utama agar kita termasuk anak-anak bisa berpuasa dengan lancar.

Bahkan ahli gizi mengatakan sahur itu penting karena tidak makan selama belasan jam akan berdampak negatif pada kesehatan. Misalnya badan jadi lemas, sistem pencernaan terganggu, hingga bisa menyebabkan malnutrisi. Makanya, Bun, baiknya kita jangan menyepelekan sahur ya.


Nah menentukan menu sahur buat anak juga harus tepat, Bun. Selain minum air secukupnya, pastikan menu sahur buat si kecil mengandung karbohidrat, serat, protein, kalsium, dan vitamin. Bunda bisa memilih nasi, roti, oatmeal, atau sereal untuk sumber karbohidratnya.

Lalu untuk memenuhi asupan serat, sertakan sayur dan buah pada menu sahur ya, Bun, karena bisa memberi rasa kenyang lebih lama. Buah berserat tinggi yang bisa dipilih misalnya anggur, apel, dan pir. Sementara untuk sumber proteinnya telur bisa jadi pilihan.

Jangan lupa pilih asupan yang mengandung kalsium dan vitamin untuk sahur seperti susu. Ahli gizi mengatakan susu juga bisa membuat lambung lebih cepat kenyang dan memberikan energi untuk berpuasa.


Jangan salah pilih susu, Bun. Sebaiknya pilih susu yang tidak mengandung tambahan garam. Sebab, ketidakseimbangan kadar sodium pada tubuh justru akan menimbulkan rasa haus lebih cepat. Maka dari itu, sebaiknya pilih susu tanpa tambahan garam seperti Indomilk UHT 1L.

Apalagi jika Bunda sedang mengajarkan si kecil untuk ikut berpuasa. Membuat menu sahur yang tepat penting banget agar si kecil tidak lemas saat berpuasa.

#BukaKebaikannya #SusuTanpaGaram (ega/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi