nutrisi

Punya Daging Kambing, Amankah untuk Menu MPASI?

Nurvita Indarini 23 Agu 2018
Punya Daging Kambing, Amankah untuk Menu MPASI?/ Foto: Thinkstock Punya Daging Kambing, Amankah untuk Menu MPASI?/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Apakah di rumah saat ini ada daging kambing, Bun? Jika iya, apakah Bunda berencana membuat menu makanan pendamping ASI dengan menggunakan daging kambing? Amankah daging kambing dikonsumsi bayi?

dr Paulina Toding, M.Gizi, SpGK menuturkan bayi usia 7-10 bulan boleh diperkenalkan daging kambing. Tapi tentu ya, tekstur harus disesuaikan dengan kemampuan bayi.

"Dicincang halus, lalu perhatikan kebersihan saat pengolahan, buang lemaknya, dan tetap variasikan dengan sumber protein hewani lainnya," saran dr Paulina saat ngobrol dengan HaiBunda.



Nah, saat mengenalkan daging kambing untuk pertama kalinya pada anak melalui MPASI, perhatikan juga bila ada gejala alergi ya, Bun. Hentikan pemberian daging kambing bila si bayi menunjukkan tanda-tanda alergi.

"Jumlah jangan terlalu banyak dulu ya, untuk variasi menu saja," imbuh dokter yang berpraktik di RS Royal Progress dan Klinik Lyraas Jakarta Selatan ini.

Daging kambing adalah salah satu sumber protein hewani, yang mana protein ini baik untuk mendukung pertumbuhan anak. Selain itu daging kambing juga mengandung zat besi yang bisa membantu mencegah si kecil mengalami anemia. Nggak hanya itu, daging kambing juga mengandung vitamin B12 dan B kompleks.

(vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi