nutrisi

5 Buah yang Baik untuk Balita

Safira Raudhatul Sabtu, 27 Okt 2018 - 16.12 WIB
Ilustrasi anak makan buah (Foto: Hassan/detikcom) Ilustrasi anak makan buah (Foto: Hassan/detikcom)
Jakarta - Bun, penting banget bagi anak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan mikronutriennya sehinga tumbuh dan kembang anak optimal. Nah, bagi balita ada nih buah yang sangat disarankan untuk dikonsumsi.

Walau memang, menyuruh anak makan buah susah-susah gampang ya, Bun. Menurut dr Frieda Handayani Kawanto, SpA(K) ada dua faktor yang dapat memengaruhi anak tidak menyukai buah-buahan.

"Dari segi rasa kan memang hambar yah. Terus kalau digigit cruncy keluarin enzim ada lendir-lendir sedikit. Jadinya kalau nggak biasa mungkin bakal 'iiih' gitu," kata dr Frieda dilansir detikcom.



Apalagi bila ditambah orang tua tidak mengajarkannya sejak dini. Duh, makin sulit deh si kecil untuk makan buah, Bun.

Nah, dikutip dari Parent Circle, berikut buah-buahan yang baik untuk balita.

1. Apel

Buah Apel memiliki banyak kandungan yang baik untuk balita. Satu buah apel mengandung 90-91 kalori. Apel juga diperkaya vitamin A, B1,B2 dan C serta mengandung mineral yaitu kalium dan kalsium. Apel juga mengandung antioksidan yang dapat menyembuhkan gangguan pencernaan pada anak-anak. Misalnya sembelit dan diare. Selain itu, apel juga mengandung jumlah serat yang sama dengan satu porsi sereal.

Ilustrasi buahIlustrasi buah Foto: iStock
2. Beri

Buah beri juga bagus untuk balita. Buah berry seperti stroberi, blueberry dan ceri mengandung antioksidan dan vitamin C serta K. Vitamin ini dapat membantu tubuh melawan kanker dan penyakit jantung .

3. Semangka

Buah semangka memgandung vitamin C yang bagus untuk imunitas balita. Kemudian, ada kandungan vitamin A yang baik untuk penglihatan. Kemudian, ada vitamin B6 yang membantu melawan infeksi serta vitamin B1 yang membantu tubuh balita mengubah makanan menjadi energi.

Ilustrasi buahIlustrasi buah Foto: Istock
4. Pisang

Buah pisang memiliki manfaat yang tidak kalah dengan buah-buahan lain. Buah pisang bisa membantu perut bayi terasa lebih baik saat sakit. Buah pisang mampu mengatasi diare, sembelit dan mengurangi peradangan kulit.

5. Anggur

Anggur memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin, Bun. Buah anggur juga diperkaya vitamin C, kalium dan kalsium. Bunda bisa mengajak anak memilih warna anggur apa yang dia sukai karena anggur memili variasi warna yang mungkin disenangi si kecil.




(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi