nutrisi

2 Hal yang Perlu Ortu Lakukan agar Anak Sehat dan Berprestasi

Nabilla Putri Kamis, 15 Nov 2018 - 11.18 WIB
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Hampir semua orang tua menginginkan si kecil menjadi bagian dari Generasi Platinum, generasi yang siap menghadapi masa depan dengan bekal fisik yang sehat serta kecerdasan intelektual, emosi, dan spiritual.

Untuk menjadikan si kecil bagian dari Generasi Platinum, dibutuhkan nutrisi yang tepat serta stimulasi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Guna mengasah kecerdasannya, Bunda harus tahu terlebih dahulu kecerdasan yang dimiliki oleh Si Kecil.

"Ada 3 hal penting dalam membentuk generasi platinum, yaitu nutrisi, stimulasi, dan pola pengasuhan. Ketiganya tidak dapat dipisahkan. Hubungan antara nutrisi dan stimulasi, setelah kita memberikan si kecil nutrisi platinum, tentu anak harus diasah atau distimulasi dengan baik. Sehingga, bisa membentuk Generasi Platinum," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur, kepada HaiBunda, baru-baru ini.

Kecerdasan bukan hanya soal akademis, tapi mencakup banyak aspek kehidupan sehari-hari yang selanjutnya disebut multiple intelligence atau kecerdasan majemuk. Bunda bisa perlahan menggali potensi si kecil dan melihat kecerdasan apa yang paling menonjol. Lalu buatlah pendekatan yang tepat agar anak cerdas.


Pendekatan yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan stimulasi pada si kecil dengan cara bermain.

"Ada banyak cara untuk mengasah atau menstimulasi kecerdasan anak, seperti mulai dengan hal yang simpel. Misalnya mengajaknya berbicara dan bermain dan biarkan dia yang memimpin permainan. Maka dari sini kita akan lihat kecerdasan apa yang mulai menonjol seperti anak yang suka musik, tari dan sport atau bola, maka dia akan cenderung untuk memilih permainan ini," jelas dr Muliaman.

Setelah itu, lanjut dr Muliaman, kalau kita sudah melihat ada yang menonjol maka kita bisa mengasahnya lagi dengan kursus. Misalnya musik, matematika, sepak bola, tari, atau kegiatan lain yang menonjol saat anak bermain.

Selain menstimulasi, Bunda juga harus memberikan nutrisi yang tepat pada si kecil. Salah satunya dengan memberi Morinaga Chil*Go yang mengandung nutrisi untuk mendukung proses belajar si kecil dan daya ingatnya karena mengandung sinergi nutrisi yaitu kolin serta inositol, zat besi, yodium, dan vitamin B kompleks.



(idr/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi