parenting

Dukung Si Kecil Cerdas dan Tumbuh Tinggi dengan Asupan Ini Ya, Bun

Nabilla Putri Jumat, 21 Sep 2018 09:32 WIB
Dukung Si Kecil Cerdas dan Tumbuh Tinggi dengan Asupan Ini Ya, Bun
Jakarta - Bunda pasti ingi si kecil cerdas dan tumbuh tinggi, kan? Agar kecerdasan dan pertumbuhan anak berjalan sempurna, Bunda perlu memberi asupan nutrisi yang lengkap. Untuk mendukung pertumbuhan tulang, berikan asupan susu secara rutin ya, Bun.

Menurut Head of Medical Marketing Kalbe Nutritionals, dr Ervina Hasti W, susu yang mengandung kalsium berperan dalam membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak, Kemudian, mendukung fungsi saraf dan otot, membantu pembekuan darah, dan membantu mengaktifkan enzim yang dibutuhkan dalam mengubah zat gizi menjadi energi.

"Karena peranannya sangat penting pada tumbuh kembang anak, maka kebutuhan kalsium pada anak pun tinggi yaitu 1.000 mg kalsium per hari pada anak usia 4-9 tahun dan 1.200 mg kalsium per hari untuk anak usia 10-18 tahun. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizai (AKG) 2013, kalsium dapat diperoleh dari makanan, misalnya susu, yoghurt, keju, salmon, dan brokoli," ujar dr Ervina kepada HaiBunda.



Namun, dr Ervina melanjutkan meskipun si Kecil sudah banyak mengonsumsi susu yang mengandung kalsium, tetap perhatikan apakah tubuhnya sudah menyerap kalsium dengan baik. Jadi Bunda jangan sembarang memberikan susu, pastikan asupan kalsiumnya tinggi. Sebab, kalsium memiliki peran besar dalam pertumbuhan tulang dan gigi anak. Tak hanya kalsium, pastikan juga susu mengandung asam amino esensial yang merupakan bagian dari protein untuk membantu kecerdasan anak.

dr Ervina juga menambahkan, asam amino esensial harus ada dalam asupan harian anak karena berperan untuk membentuk tulang, otot dan organ penting lainnya serta untuk perkembangan anak yaitu memengaruhi kecerdasan dan kognitifnya. Selain itu, asam amino juga berperan sebagai antioksidan dan membantu daya tahan tubuh selain mengontrol metabolisme tubuh.

dr Ervina menyarankan untuk memilih susu yang mengandung kalsium dan asam amino esensial karena dua komponen itu sangat bermanfaat untuk melengkapi kebutuhan harian si kecil dan membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya.


Bunda juga harus tahu, perpaduan antara kalsium dan asam amino esensial bisa mengoptimalkan kecerdasan dan pertumbuhan tinggi badan anak seperti yang terkandung pada susu Zee. (idr/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi