nutrisi

10 Makanan Sehat untuk Menaikkan Berat Badan Anak

Siti Hafadzoh Minggu, 18 Nov 2018 - 17.03 WIB
10 Makanan Sehat untuk Menaikkan Berat Badan Anak/ Foto: Hasan Al Habsy 10 Makanan Sehat untuk Menaikkan Berat Badan Anak/ Foto: Hasan Al Habsy
Jakarta - Sebagai orang tua, Bunda dan Ayah pasti khawatir kalau anak terlalu kurus. Kalau sudah seperti ini, porsi makan pun ditambah agar berat badan anak ideal.

Tapi ingat, Bun, jangan hanya porsinya saja ya yang ditambah. Perhatikan pula kandungan lemak dan protein, yang bisa menambah berat badan anak.

Dilansir Mom Junction, berikut beberapa menu makanan sehat dan lezat yang bisa membantu menaikkan berat badan anak.

1. Butter

Nggak selamanya butter itu buruk untuk anak. Makanan ini bisa menjadi makanan yang kaya lemak untuk anak. Tapi, nggak berarti Bunda bisa menambahkan butter di setiap makanan ya. Berikan butter secukupnya saja, jangan berlebihan.

2. Selai kacang

Untuk menyiapkan bekal yang praktis, Bunda bisa mengoleskan selai kacang ke atas roti. Selain mudah, selai kacang juga bermanfaat lho untuk anak. Makanan ini kaya lemak tak jenuh, dan protein yang bisa membantu menaikkan berat badan anak.

3. Susu dan krim

Susu adalah sumber protein, karbohidrat, dan nutrisi lainnya yang baik untuk anak. Berikan anak setidaknya 2 gelas susu per hari. Bentuknya bisa macam-macam. Misalnya, milkshake, sereal, atau smoothies. Bunda juga bisa menambahkan krim yang terbuat dari susu segar di atas salad. Selain enak, sehat kan?

4. Telur

Dalam 100 gram telur terdapat 13 gram protein, vitamin A, dan B12 yang baik untuk pertumbuhan anak. Bunda bisa menambahkan telur ke dalam menu makan sehari-hari, dengan cara yang bervariasi.

10 Makanan Sehat untuk Menaikkan Berat Badan AnakBuah adalah salah satu makanan yang bisa menaikkan berat badan anak/ Foto: shutterstock


5. Pisang

Buah yang satu ini bisa menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh. Satu buah pisang mengandung 105 kalori lho. Tambahkan pisang ke dalam makanan kesukaan anak seperti milkshake, puding, atau mencampurnya dengan cokelat.

6. Alpukat

Kalau anak Bunda terlalu kurus, coba deh berikan dia alpukat. Alpukat mengandung lemak dan kalori yang baik untuk pertumbuhan anak. Buah ini juga menjadi sumber lemak yang lebih sehat, dibandingkan dengan makanan lainnya.

7. Ayam

Protein sangat penting untuk membangun otot-otot tubuh. Makanan yang mengandung protein seperti ayam, penting bagi pertumbuhan anak. Selain harganya yang lebih murah dibandingkan jenis daging lain, ayam juga memiliki rasa yang lezat, Bun.

10 Makanan Sehat untuk Menaikkan Berat Badan Anak10 Makanan Sehat untuk Menaikkan Berat Badan Anak/ Foto: iStock

8. Kentang

Kentang mengandung asam amino seperti arginin dan glutamin, yang bagus untuk menaikkan berat badan.

9. Daging merah

Daging merah menjadi sumber zat besi dan lemak, yang dibutuhkan anak dalam masa pertumbuhan. Usahakan untuk memilih daging sapi dan domba yang segar ya! Kalau bisa, hindari memasak daging olahan yang diawetkan. Sebab, daging seperti itu biasanya mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan.

10. Buah dan sayur

Buah dan sayur menjadi makanan yang wajib ada dalam menu sehari-hari. Buah-buahan seperti mangga, pepaya, nanas, dan sebagainya menjadi sumber gula alami. Ini akan membantu memberikan energi dan menaikkan berat badan.

Bicara soal anak yang kurus, dr Diana F. Suganda, MKes, SpGK mengingatkan, sebagai orang tua jangan sampai menilai anak kurus tanpa melihat timbangan. Apalagi membandingkan anak kita dengan lainnya, karena tidak akan akurat.

Kalau Bunda merasa berat badan anak kurang, hindari menambahkan banyak karbohidrat ke menu makan si kecil. Hal itu akan menyebabkan dampak yang nggak baik untuk kesehatannya.

"Kalau karbo-nya kebanyakan, nanti metabolismenya bisa terganggu. Di dalam tubuh karbohidrat dipecah antara lain menjadi gula. Kalau kelebihan gula, akan jadi trigliserid. Dalam hal ini, massa otot tidak akan bertambah," jelas dr Diana beberapa waktu lalu.

Jadi, lebih baik Bunda menambahkan asupan protein dan lemak untuk menambah berat badan anak. Selamat mencoba ya, Bun!

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi