parenting

Bumbu Alternatif Pengganti Garam dan Gula untuk MPASI

Siti Hafadzoh Rabu, 21 Nov 2018 20:39 WIB
Bumbu Alternatif Pengganti Garam dan Gula untuk MPASI
Jakarta - Apakah Bunda pernah dengar kalau MPASI nggak boleh ditambahkan gula dan garam? Ini memang ada benarnya. Makanan untuk bayi di bawah usia satu tahun masih belum boleh ditambahkan gula dan garam nih, Bun. Tapi ada kok alternatif pengganti gula dan garam untuk MPASI.

"Jadi, sebenarnya disarankan pemberian gula dan garam di atas usia satu tahun. Tapi lihat kondisi anaknya. Misal nggak doyan makanannya, mau dipaksa bagaimana pun. Coba deh dikasih. Itu boleh," jelas dr Reisa Broto Asmoro ketika ditemui di acara 'Peluncuran Produk BEABA' di Greenhouse Co-Working Space, Jakarta Selatan, Rabu (21/11/2018).

Makanya, menurut dr Reisa, penambahan bumbu lain sebagai pengganti garam dan gula itu sangat penting. Bunda bisa menggunakan bumbu seperti bawang, oregano, basil, daun salam dan sereh di dalam MPASI si kecil untuk menambahkan rasa.


"Bawang bombai untuk menggantikan gula dan bawang putih untuk memberikan rasa gurih," ujar pendiri Mamma Kanin, Inta Heruwanto ketika melakukan demo masak.
Bumbu Alternatif Pengganti Garam dan Gula untuk MPASIFoto: Thinkstock


Bayi itu pada dasarnya sama saja seperti orang dewasa, Bun. Nggak mau makan kalau makanannya hambar dan nggak enak. Kata dr Reisa, kalau makanannya nggak enak, mau dipaksa seperti apapun, anak pasti nggak mau makan.

"Kalau kita sudah usahakan pakai segala macam nggak bisa nih, ya sudah tambahi saja. Nggak apa-apa. Tapi, selama anaknya mau, ya nggak usah ditambahin. Nanti saja kalau sudah di atas setahun, metabolismenya lebih baik lagi, baru kita boleh tambahkan rasa dari garam dan gula," tutur dr Reisa.

Nah, mulai sekarang coba tambahkan bumbu seperti bawang bombai dan bawang putih di MPASI sebagai pengganti gula dan garam deh, Bun. Kalau anak nggak suka, baru Bunda bisa coba beri sedikit garam atau gula sebagai penambah rasa MPASI si kecil.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi