nutrisi

Terapkan Kebiasaan Makan yang Baik pada Anak Yuk, Bun

Yuni Ayu Amida Kamis, 20 Des 2018 - 11.10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kebiasaan makan anak dipengaruhi bagaimana Bunda menerapkan pola makan dan menyajikan menu makanan. Apa yang Bunda suguhkan dan bagaimana pengaturan pola makan anak sangatlah menentukan.

Kepala Divisi Perkembangan Anak, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen FEMA IPB, dr. Ir. Dwi Hastuti, M.Sc, atau yang kerap disapa Tuti, mengatakan bahwa terdapat korelasi antara perhatian ibu dalam menyiapkan makanan dengan perilaku anak. Hal ini bisa memengaruhi pembentukan kebiasaan makan anak.


"Peran penting ibu dalam menentukan panganan aman dan sehat bagi anak telah dimulai sejak anak dalam kandungan. Selanjutnya, apa yang dikonsumsi ibu akan dikonsumsi pula oleh anak. Anak juga melihat pola, kebiasaan, serta tata cara makan ibu dan akan mencontohnya," kata Tuti dalam diskusi bertajuk 'Menu Aman Pilihan Ibu, Inspirasi Hidup Sehat Keluarga' di Kaum Resto, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2018).

Lebih lanjut, Tuti menerangkan, dengan memberi penjelaskan yang masuk akal serta melatih anak membuat pilihan sesuai kebutuhan, bukan makan tanpa rencana, bisa menumbuhkan kebiasaan makan yang baik. Terutama di musim liburan, di mana orang tua cenderung permisif atau serba membolehkan pada anak.

"Oleh sebab itu, makanan yang disajikan setiap hari sebaiknya beragam, mengandung gizi seimbang dan aman. Jangan hanya mengikuti kehendak anak," kata Tuti.

Selain itu, untuk menanamkan kebiasaan makan yang baik kepada anak, seorang ibu harus mampu memberikan keyakinan tentang baik dan tidaknya makanan. Anak sekarang itu kritis, yang dia mau itu Bunda harus bisa menjelaskan apa yang mengganjal baginya.

"Kamu tidak mau makan? Padahal ikan ini kaya protein, lemaknya bagus, omega 3, kenapa kamu nggak mau? Kalau baunya amis, ikan ini ibu olah dengan cara nggak amis, coba kamu taste dulu," ujar Tuti mencontohkan bagaimana menyikapi anak yang tidak mau makan.


Ketika anak sekolah, perilaku makannya juga terbentuk dari lingkungannya. Kita harus sering menanyakan kenapa anak tidak suka, kenapa nggak mau menghabiskan makanan. Tapi, ketika nggak dapat jawaban jangan langsung menghakimi, coba gali perasaan dan keinginan anak.

"Pandangi, puji anak, beri motivasi, sehingga anak memiliki kepercayaan diri, memiliki rasa cinta, ini juga salah satu cara agar anak memiliki kebiasaan makan yang baik," tutup Tuti. (yun/muf)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi