sign up SIGN UP search


parenting

5 Jenis Vitamin yang Bantu Si Kecil Cepat Kembali Fit setelah Sakit

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 02 Jan 2022 09:22 WIB
Ilustrasi anak makan Ilustrasi anak makan/Foto: Getty Images/iStockphoto/M-image

Jakarta - Setelah Si Kecil pulih dari sakit, pekerjaan rumah berikutnya tak berhenti di situ ya, Bunda. Biasanya nih, anak-anak masih perlu pemulihan diri agar kembali fit.

Untuk membantunya, banyak Bunda yang mengandalkan vitamin anak untuk membantu meningkatkan kembali imunitas tubuh anak pasca sakit.

Melengkapi kebutuhan vitamin memang tak ada salahnya ya, Bunda. Apalagi bersumber dari bahan alami yang dapat membantu menjaga kesehatan anak setelah sakit.


Meski demikian, ada baiknya Bunda senantiasa membicarakannya juga dengan dokter sebelum memberikannya kepada anak. Seperti dikutip dari laman Kidseatincolor, anak-anak yang mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik cenderung memiliki imunitas yang lebih daripada anak-anak yang tidak. 

Sumber probiotik alami sendiri bisa didapatkan dari banyak sumber termasuk yogurt, makanan fermentasi, kombucha, dan lainnya. Ada baiknya juga dikonsumsi secara teratur agar imunitas tubuh anak terjaga.

Mengenai suplemen atau vitamin khusus sebenarnya sebagian besar anak-anak memang tidak memerlukannya ya, Bunda, seperti dikatakan Dr Eric Ball, dokter anak di Providence Mission Hospital di California. 

"Sebaliknya, anak-anak seharusnya memperoleh semua vitamin dan mineral yang mereka butuhkan dari makanan mereka," tambahnya, seperti dikutip dari laman USnews.

Dr Hanane Dahoui, seorang dokter anak di Orlando Health Arnold Palmer Hospital di Florida mengatakan dengan melengkapi yang tidak perlu justru sebenarnya bisa menjadi masalah.

Banner Basic Skincare untuk Kulit GlowingBanner Basic Skincare untuk Kulit Glowing/ Foto: HaiBunda/Mia

Meskipun tampaknya tidak berbahaya untuk memberi anak vitamin, menerima sejumlah besar vitamin tertentu seperti vitamin A, C, dan D dapat menyebabkan mual, ruam, sakit kepala, dan terkadang efek samping yang lebih parah.

Dahoui mengatakan bahwa salah satu alasan anak mungkin tidak membutuhkan vitamin setiap hari yakni karena jumlah makanan yang dibutuhkan anak untuk mendapatkan cukup vitamin mungkin jauh lebih kecil dari yang dikira.

Plus, banyak makanan umum seperti sereal, pasta, susu, granola, roti, dan lainnya yang diperkaya dengan nutrisi penting seperti kalsium, vitamin D, vitamin B, dan zat besi.

Padahal, anak-anak perlu mendapatkan vitamin dan mineral lengkap dari makanan setiap hari karena tubuh mereka sedang tumbuh. Untuk itu, Bunda dapat memenuhinya dari sumber makanan alami setiap harinya secara seimbang.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang apakah anak boleh minum infused water di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



5 VITAMIN ANAK SETELAH SAKIT, CARI TAHU YUK, BUN!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!