sign up SIGN UP search


parenting

7 Makanan dengan Kandungan Zat Besi Terbaik untuk Si Kecil

Amira Salsabila   |   Haibunda Sabtu, 07 May 2022 09:10 WIB
Young girl eating grilled tuna steak and boiled potatoes, Indoors shot of a little girl having a healthy meal decorated with red paprika. 7 Makanan dengan Kandungan Zat Besi Terbaik untuk Si Kecil/Foto: Getty Images/iStockphoto/ti-ja

Jakarta - Salah satu nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil dalam tumbuh kembangnya adalah zat besi. Nutrisi ini dimanfaatkan tubuh untuk memproduksi hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membantu darah membawa oksigen ke semua sel lain di dalam tubuh.

Selain itu, zat besi adalah mineral yang dapat membantu tubuh mengantarkan oksigen ke sel dan penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak Si Kecil.

Zat besi sangat penting untuk memasok tubuh dengan oksigen, metabolisme otot, memelihara jaringan ikat, pertumbuhan fisik, perkembangan saraf, fungsi sel, dan memproduksi beberapa hormon.


Kekurangan zat besi masih bisa menjadi masalah bagi sebagian anak, terutama balita yang sulit makan dan terlalu banyak mengonsumsi susu serta tidak cukup mengonsumsi makanan kaya zat besi. Untuk mencegah kekurangan zat besi, dokter balita Bunda perlu memeriksa laboratorium.

Banner 40 Ciri Hamil40 Ciri Hamil/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Secara umum, Si Kecil perlu makan setidaknya dua atau lebih makanan yang kaya akan zat besi setiap harinya. Namun, mengetahui makanan mana yang benar-benar mengandung zat besi dapat membingungkan orang tua.

Nah, untuk membantu Bunda mencari tahu makanan apa saja yang kaya akan zat besi, yang terbaik untuk Si Kecil, yuk, simak berikut ini, ya Bunda.

1. Daging tanpa lemak

Dari ayam hingga daging sapi, daging tanpa lemak dan daging organ merupakan sumber yang kaya akan zat besi heme untuk anak-anak. Hapus bagian lemak dalam daging karena ada sedikit zat besi di dalamnya. Ini bertujuan untuk menambahkan hati ke makanan mereka dan pilihan makanan kaya zat besi ramah anak lainnya.

Ilustrasi MPASI daging merah7 Makanan dengan Kandungan Zat Besi Terbaik untuk Si Kecil/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ivolodina

2. Tuna

Jika Si Kecil tidak alergi terhadap makanan laut, beri mereka seporsi tuna kalengan. Ini tidak hanya rendah kalori dan pilihan rendah lemak, tetapi juga merupakan sumber zat besi yang ideal untuk anak-anak dan dapat disajikan dengan sayuran yang dihaluskan.

3. Bayam

Bayam, kangkung, brokoli, dan sayuran hijau favorit Bunda setiap hari adalah sumber zat besi yang kaya non-heme untuk anak-anak. Potong-potong menjadi salad dan sandwich atau sajikan bersama telur orak-arik. Bunda bahkan bisa membuat jus sayuran atau smoothie dengan kangkung dan brokoli untuk anak-anak.

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk.

Saksikan juga video tentang 3 sumber makanan kaya zat besi.

[Gambas:Video Haibunda]



SEREAL HINGGA KACANG-KACANGAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!