nutrisi

Aneka Camilan Sehat Untuk Anak Satu Tahun, Enaknya Bikin Ketagihan

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 12 Feb 2019 - 10.06 WIB
Camilan sehat untuk anak/ Foto: iStock Camilan sehat untuk anak/ Foto: iStock
Jakarta - Memilih camilan yang tepat untuk si kecil memang susah-susah gampang ya, Bun. Banyak Bunda yang merasa galau, setelah kelamaan berpikir dan menakar kandungan gizinya.

Hal itu wajar dilakukan, karena setiap ibu tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Termasuk urusan nutrisi, dengan memberikan makanan tambahan seperti snack dan camilan ringan lainnya.

Sebagian Bunda, bahkan memasak sendiri camilan untuk si kecil, agar dapat memastikan kandungan gizinya. Serta menjaga camilannya tetap sehat yang bebas MSG, gula tambahan, dan bahan pengawet.

Spesialis Gizi Anak, Prof Dr Ir Ali Khomsan, MS, para pakar kesehatan di Indonesia menganjurkan konsumsi gula harian sebanyak 50 gram sehari. Jumlah itu lebih besar dibanding rekomendasi WHO yang hanya berjumlah 25 gr per hari.


Selain alasan di atas, ternyata ada juga Bunda yang merasa khawatir kalau sesi 'snaking time' akan jadi bumerang jika diberikan pada waktu yang tidak tepat. Soalnya, enggak sedikit anak yang lebih memilih camilan ketimbang makan besar. Hmmm, jadi maju mundur ya, Bun, pilih-pilih camilan si kecil.

Biarpun kelihatannya membingungkan, Bunda enggak perlu khawatir berlebihan ya. Perlu Bunda tahu nih, tidak semua sesi memakan camilan berarti buruk untuk si kecil. Diungkap Netty Levine, RD, CDE, seorang ahli diet dan diabetes educator di Cedars-Sinai Medical Center di Los Angles.

"Ngemil bukan hal yang buruk. Pada kenyataannya, itu hal yang baik dan benar-benar dapat membantu menjaga anak-anak dari makan berlebihan pada waktu makan,"kata Netty, dikutip dari laman Webmd.

Aneka Camilan Sehat Untuk Anak Satu Tahun, Enaknya Bikin KetagihanCamilan sehat untuk anak/ Foto: iStock

Nah, kalau Bunda ingin memastikan camilan untuk si kecil aman untuk tumbuh kembangnya, berikut beberapa ide pemberian snack untuk anak.

Muffin sayur
Agar asupan sayur tetap masuk dalam porsi camilannya, Bunda bisa menyisipkan sayuran ke dalam muffin. Bunda dapat menjadikan zucchini yang dicampur ke dalam bahan-bahan lainnya untuk dibuat muffin. Si kecil pun pasti suka.

Keripik apel manis
Siapa yang tak suka camilan yang crunchy? Tentu anak-anak pun akan menyukainya, Bun. Kehadiran keripik apel yang renyah dengan cara dipanggang akan membuat camilan ini aman dikonsumsi anak-anak. Meski demikian, tetap awasi si kecil dari risiko tersedak karena mereka belum terbiasa mengonsumsi makanan bertekstur crunchy.

Kroket ayam
Membuat kroket juga bisa menjadi salah satu ide camilan untuk si kecil nih, Bun. Tambahkan ayam dan sayuran, serta keju agar camilan penuh nutrisi.

Makaroni keju
Camilan ini merupakan hidangan yang sangat ramah anak sepanjang masa, Bun. Bunda bisa mencoba membuatkannya untuk si kecil. Gurihnya keju berpadu makaroni membuat si kecil bakal ketagihan lho.

Waffle sayuran
Ucapkan selamat tinggal pada waffle manis ya, Bun. Memang waffle manis akan disukai si kecil, tetapi anak-anak seusia mereka tidak membutuhkan gula yang berlebih, Bun. Sebagai gantinya, gunakan sayuran seperti kembang kol untuk bahan tambahan pada waffle.

Wah, super lezat semuanya kan ide camilan untuk anak satu tahun? Yuk, coba membuatnya di rumah untuk kesayangan. Selamat mencoba, Bun!


[Gambas:Video 20detik]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi