sign up SIGN UP search


parenting

Mungkin Ini Sebabnya Bayi 6 Bulan Malas Makan MPASI, Bun

Nurvita Indarini Jumat, 16 Jun 2017 15:10 WIB
Sudah disiapkan makanan dengan penuh cinta, eh tapi bayi kita yang baru enam bulan malah nggak semangat makan. Sedih banget nggak sih Bun. Apa ya sebabnya? caption
Jakarta - Sudah disiapkan makanan dengan penuh cinta, eh tapi bayi kita yang baru enam bulan malah nggak semangat makan. Sedih banget nggak sih Bun.

Dulu waktu awal-awal anak saya dapat makanan pendamping ASI (MPASI), dia semangat banget makannya. Tapi keponakan saya ternyata nggak begitu. Alhasil itu bikin sedih bundanya.

Kalau si bayi nggak mau makan MPASI-nya atau terlihat nggak semangat saat makan, menurut dr Putri Maharani Tristanita Marsubrin, SpA bisa jadi sebabnya karena bayi sudah kenyang. Lho kok kenyang, kan baru disuapin makan?


"Mungkin sebelum makan sudah menetek pada ibunya, jadinya perut bayi sudah kenyang. Jadi nggak excited makan itu nggak berarti belum siap makan," kata dr Putri di sela-sela peluncuran seri video edukasi kesehatan anak di kantor Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Jl Salemba 1 No 5, Jakarta Pusat, Rabu (14/6/2017).

Jadi kalau bayi nggak mau makan, jangan dipaksa ya Bun, soalnya kalau dipaksa dia bisa trauma. Mendingan kita coba berikan makan lagi ke bayi 1-2 jam mendatang. Udah itu, kalau bayi baru 6 bulan kan sebenarnya baru belajar makan selain ASI, nggak usah juga kita kasih makanan yang langsung banyak. Soalnya mereka itu baru mengenal rasa juga, Bun.

"Kalau bayinya sudah agak besar dan tampak nggak excited, selain karena kenyang, penyebab lainnya mungkin nggak suka atau bosan dengan menunya," imbuh dokter yang berpraktik di RSCM ini.

Pokoknya kalau bayi kita nggak mau makan, kita harus cari tahu dulu sebabnya ya Bun. Jangan juga menjadikan susu sebagai andalan buat mengatasi anak yang nggak mau makan. Terus jangan juga memberikan cemilan-cemilan macam keripik atau kerupuk ya Bun, karena itu sama sekali bukan penyelesaian yang baik.

Saya ingat, dulu anak saya juga pernah susah makan. Karena nggak mau perutnya kosong, saya kasihlah dia keripik dan kerupuk, akibatnya anak saya makin nggak mau makan. Hiks, sedih banget.

Oh iya, Bunda perlu tahu juga nih empat tanda si kecil sudah siap mendapat MPASI.

Tanda anak siap makanTanda anak siap makan Foto: dok. HaiBunda
Maksudnya adalah bila kepala bayi sudah tegak dan stabil dalam posisi duduk. Tegaknya kepala ini penting banget ya Bun, untuk mencegah bayi nggak tersedak.

Tanda anak siap makanTanda anak siap makan Foto: dok. HaiBunda
Refleks menjulurkan lidah dikenal juga sebagai extrusion reflex, Bun. Ini juga menjadi tanda bayi siap mendapat MPASI lho. Umumnya saat punya refleks menjulurkan lidah, refleks muntah atau gag reflex sudah melemah.

Tanda anak siap makanTanda anak siap makan Foto: dok. HaiBunda
Selera makan bayi yang meningkat biasanya juga menjadi pertanda dia sudah siap mendapat MPASI Bun. Tandanya adalah kalau bayi kita selalu tampak lapar, meskipun udah menyusu 8-10 kali per hari.

Tanda anak siap makanTanda anak siap makan Foto: dok. HaiBunda
Saya ingat banget Bun, dulu waktu anak saya umurnya jelang enam bulan, suka banget kalau melihat saya dan suami makan. Matanya selalu mengikuti kalau kami bawa piring dan sendok. Terus iseng kan saya menyodorkan sendok, ternyata dia membuka mulut lho.

Nah, itu tandanya bayi saya sudah tertarik pada makanan. Ciri lainnya kalau bayi tertarik pada makanan itu adalah kalau dia mencoba meraih makanan yang dimakan orang dewasa di sekitarnya.

Wah, menarik banget ya Bun. Dengan hadirnya anak kita jadi belajar banyak hal baru. Bunda masih ingat pengalaman memberi MPASI pertama untuk si kecil? Apa makanan pertamanya dan bagaimana persiapannya? Yuk langsung aja Bun, share di kolom komentar ya. (Nurvita Indarini/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi