sign up SIGN UP search


parenting

Ada Nggak Sih Buah dan Sayur yang Perlu Dihindari Bayi?

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 15 Jul 2017 15:49 WIB
Si kecil sudah 6 bulan, saatnya diberi MPASI. Ada nggak sih buah dan sayur yang perlu mereka hindari? caption
Jakarta - Sudah berusia lebih dari 6 bulan, anak sudah mulai diberi Makanan Pendamping ASI alias MPASI nih. Bunda mau memberinya buah? Boleh banget Bun, apalagi untuk selingan. Tapi, ada nggak ya buah yang baiknya dihindari untuk bayi?

Waktu ngobrol sama HaiBunda, dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya bilang buah apapun boleh kok Bun dikasih ke anak. Asalkan, buah yang dikasih teksturnya sesuai sama usia ya Bun. Terlebih, di masa-masa MPASI buah yang dikasih ke anak kan teksturnya disesuaikan dengan kemampuan anak mengunyah makanan ya.

Misalnya, untuk bayi usia 6-9 bulan, Bunda bisa ngasih jeruk yang diperas dan buah [https://health.detik.com/read/2016/11/13/130757/3344146/764/anak-doyan-makan-buah-dan-sayur-bisa-dididik-sejak-mpasi-bagaimana-triknya] lain yang diparut. Atau, bisa juga nih Bunda kasih si kecil pisang yang dikerik. Jangan lupa Bun, kerik dulu bagian luarnya sedikit ya, karena itu mengandung getah.


Kalau bayi sudah berumur 9-12 bulan, buah bisa Bunda berikan berupa buah parut atau yang dipotong kecil-kecil. Nah, kalau anak sudah umur 12 bulan ke atas, buah yang dikasih bisa berupa buah potong, dengan ukuran potongan kecil-kecil ya Bun.

dr Meta pesan, tetap berhati-hati dengan bahaya tersedak yang bisa dialami bayi ya Bun. Misalnya nih, Bunda mau ngasih anggur atau buah yang keras seperti rambutan, kan susah ya Bun kalau langsung diberikan. Makanya, lebih baik kita potong-potong kecil sebelum dikasih ke si kecil ya.

"Untuk buah-buahan kayak durian, nangka, cempedak pun nggak ada larangan sebenarnya," ujar dr Meta yang merupakan ibu satu anak ini.

Hal ini juga berlaku untuk sayur Bun. Kata dr Meta, jenis sayur [https://health.detik.com/read/2014/11/21/102941/2755057/764/yuk-dicoba-cara-mudah-agar-anak-suka-makan-buah] apapun sebetulnya boleh diberikan. Dengan kata lain, nggak ada larangan untuk jenis sayuran tertentu diberikan ke bayi. Yang pasti, sama kayak buah testurnya harus disesuaikan usia ya.

"Misalnya mau ngasih buncis ke bayi 7 bulan, tentu harus dibuat halus dulu teksturnya," tambah dr Meta.

Hati-hati juga ya Bun kalau memberi potongan sayuran mentah atau kukus yang masih cukup besar dan keras seperti baby carrot. Kata dr Meta, pemberian potongan sayuran mentah atau kukus juga bisa meningkatkan bahaya tersedak. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi